14 Jumadil-Akhir 1443  |  Senin 17 Januari 2022

basmalah.png

KESEHATAN

Ramuan-ramuan yang Bisa Bikin Orang Kuat Puasa

Fiqhislam.com - Menu yang dikonsumsi saat sahur bisa mempengaruhi kondisi seseorang selama berpuasa. Salah-salah tubuh bisa lemas seharian karena Anda memilih menu makanan sembarangan. Ada beberapa ramuan yang bisa bikin Anda kuat selama berpuasa.

Ramuan-ramuan yang Bisa Bikin Orang Kuat PuasaSelama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun cairan sekitar 14 jam, karena itu peran dari sahur sangatlah penting. Pilihlah makanan yang bisa bertahan lama dan memberikan tambahan tenaga agar tetap kuat dan bersemangat menjalani puasa.

Berikut beberapa ramuan dan makanan yang bisa menambah tenaga dan membuat Anda kuat berpuasa seharian, seperti dirangkum detikHealth, Kamis (26/7/2012):

1. Madu, susu, telur

Minum segelas susu dicampur madu dan telur saat sahur diketahui dapat meningkatkan stamina seseorang. Susu dan telur mengandung protein, sementara itu madu menyediakan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk metabolisme yang efektif.

Oleh karena itu, campuran susu, madu dan telur dapat menyediakan tambahan tenaga terutama untuk anak-anak dan lansia.

2. Jintan hitam (Habbatussauda)

Selain crystalline nigellone, jintan hitam mengandung thymoquinone, beta sitosterol, asam miristat, asam palmitat, asam palmitoleat, asam stearat, asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, asam arakidonat, protein, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, asam folat, kalsium, besi, tembaga, seng, dan fosfor.

Banyaknya kandungan ini membuat jintan hitam juga memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya untuk merangsang energi dan membantu proses penyembuhan dari kelelahan dan tak bertenaga.

3. Karbohidrat kompleks dan lauk berprotein

Jenis karbohidrat seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum, nasi merah merupakan karbohidrat kompleks yang kadar gulanya rendah dan menahan kenyang lebih lama hingga 6 jam.

Sementara untuk mencegah badan lemas kurang tenaga, cara yang efektif adalah dengan menambahkan sumber protein tapi hindari daging. Pilihlah daging ikan, kalaupun unggas pilih bagian dada. Dengan protein yang cukup, maka metabolisme tubuh lancar buntutnya tidak cepat lelah atau lemah.

4. Teh ginseng

Teh ginseng telah dikenal selama berabad-abad sebagai antioksidan. Ginseng juga merupakan stimulan yang memberikan peningkatan energi dan konsentrasi. Sulit untuk menemukan ginseng kering, apalagi segar, sehingga sering merekomendasikan mendapatkan energi dari akar kuno ini melalui secangkir teh ginseng. Kehangatan akan memiliki efek menenangkan pada saraf sekaligus memberikan energi.

health.detik.com