25 Rabiul-Akhir 1443  |  Selasa 30 Nopember 2021

basmalah.png

6 Pembunuh Konsentrasi

Fiqhislam.com - Anda mulai sering mudah kehilangan konsentrasi? Selain faktor dalam diri, faktor eksternal juga mempengaruhi mengapa seringkali Anda menjadi tidak fokus saat bekerja.

6 Pembunuh KonsentrasiSeperti dilansir dari WebMD, setidaknya ada enam hal yang dianggap sebagai pembunuh besar konsentrasi.

1. Banyak tugas harus dikerjakan dalam waktu bersamaan

Meneliti proposal sambil makan coklat berlapis kismis setiap kali iselesai membaca halaman.


Lakukan istirahat sejenak. Seperti 10 menit berjalan kaki di luar, ini bisa memberikan rileks dan mengisi ulang energi Anda.

3. Gangguan mental

Ketika Anda khawatir tentang uang, coba istirahat dan ambil vitamin Anda, kemudian kembali ingat ulang apa yang sedang Anda pikirkan yang tidak berjalan seperti yang direncanakan. Ini sulit untuk tenang dan tetap fokus pada proyek yang sedang Anda coba selesaikan.

Jenis-jenis gangguan yang di kepala Anda - "Memiliki banyak kekuasaan atas kami," kata Michael J. Baime, MD, profesor klinis kedokteran di University of Pennsylvania School of Medicine dan direktur Penn Program Mindfulness.

Salah satu cara untuk melepaskan sejumlah pikiran yang mengganggu adalah menuliskannyaatau melampiaskan frustrasi Anda dalam catatan. Meditasi juga bisa membantu.

Jika Anda stres tentang masalah tertentu, carilah waktu untuk membicarakannya dengan seseorang yang Anda percaya.

"Jika Anda memiliki pendengar, pendukung aktif, dapat membantu mengeringkan beberapa ketegangan di kepala Anda," kata Daniel Kegan, PhD, JD, seorang psikolog organisasi.

4.Gangguan elektronik

"Perhatian Anda berantakan ketika Anda kurang tidur," kata Baime.

Kebutuhan tidur bervariasi, tetapi kebanyakan orang dewasa melakukan yang terbaik dengan tujuh sampai sembilan jam tidur setiap malamuntuk memperbaiki fokus Anda sepanjang hari.

6. Efek Samping Obat dan Masalah Kesehatan Lain

Jika masalah konsentrasi menghambat kemampuan Anda di tempat kerja atau di rumah, atau jika anda juga memperhatikan gejala fisik seperti kenaikan berat badan atau insomnia, beritahu dokter Anda.

Konsentrasi yang buruk dapat berasal dari kondisi seperti ADHD, gangguan tidur, depresi, anemia, atau penyakit tiroid. Obat-obat tertentu, seperti yang digunakan untuk mengobati depresi, epilepsi, atau (flu) influenza infeksi, jugadapat menyebabkan kesulitan konsentrasi sebagai efek samping.

inilah.com