23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Ini Bagian-bagian Tubuh yang Bermasalah Jika Sering Minum Soda

Fiqhislam.com - Bisa dibilang hampir semua orang suka minum soda karena rasanya yang menyegarkan. Tapi jika Anda termasuk orang yang sering minum soda, maka waspadai bagian-bagian tubuh berikut ini.

Laporan terbaru dari ilmuwan di Bangor University menunjukkan terlalu sering minum soda bisa mengubah cara kerja metabolisme tubuh sehingga berpotensi meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Selain itu penyakit lain seperti jantung, gagal hati atau hipertensi juga mengintai.

"Jika tahu apa yang dilakukan soft drink terhadap tubuh kita, maka Anda akan berpikir mungkin air putih bisa menjadi pilihan yang lebih baik," ujar pemimpin studi Dr Hans Peter Kubis, seperti dikutip dari The Sun, Sabtu (11/8/2012).

Berikut ini bagian-bagian tubuh yang bisa menerima efek buruk dari minum soda, yaitu:


{AF}

1. Kulit
Konsumsi minuman soda terlalu banyak bisa membuat seseorang terlihat lebih tua sebelum waktunya. Studi Harvard University pada tahun 2010 menemukan mineral fosfat dalam minuman soda bisa memprcepat proses penuaan pada tikus. Meski belum ada bukti langsung pada manusia, tapi para ahli menyarankan untuk menghindari toksisitas fosfat ini.
{/AF}

{AF}

2. Tulang
Penelitian dari Tufts University di Amerika Serikat menemukan terlalu sering konsumsi minuman soda bisa meningkatkan risiko osteoporosis. Asam fosfat yang ada dalam minuman soda bisa mengganggu keseimbangan kalsium yang penting untuk membangun tulang yang kuat.
{/AF}

{AF}

3. Jari kaki
University of British Columbia menemukan sekitar 85 persen kondisi jari kaki yang menyakitkan lebih sering terjadi pada laki-laki yang sering minum soda. Kandungan gula fruktosa yang ada dalam minuman soda meningkatkan kadar asam urat dalam darah yang menjadi pemicu utama asam urat.
{/AF}

{AF}

4. Otak
Terlalu sering mengonsumsi minuman soda bisa mempengaruhi senyawa kimia yang dihasilkan di otak sehingga berdampak pada perilaku seseorang. Penelitian di Amerika Serikat menemukan remaja laki-laki cenderung lebih agresif dan terlihat dalam kekerasan.
{/AF}

{AF}

5. Gigi
Studi dalam Journal British Dental menemukan konsumsi 4 kaleng soda sehari bisa meningkatkan bahaya erosi gigi, bahkan pada minuman soda diet. Penyebabnya adalah asam sitrat yang menyebabkan rasa sakit dan gigi jadi sensitif.
{/AF}

{AF}

6. Jantung
Para ahli dari University of Miami mengungkapkan orang yang minum 1 kaleng soda sehari itu 61 persen lebih mungkin memiliki masalah kardiovaskular, karenanya itu ia berisiko lebih tinggi mengalami serangan jantung dan stroke.
{/AF}

{AF}

7. Paru-paru
Peneliti dari University of Adelaide menuturkan minuman bersoda kemungkinan mempengaruhi paru-paru dengan meningkatkan risiko terkena asma dan penyakit paru obstruktif kronik (kondisi paru-paru yang tidak dapat disembuhkan).
{/AF}

{AF}

8. Pankreas
Konsumsi 2 kaleng soda perhari bisa membuat seseorang memiliki risiko 2 kali lipat terkena kanker pankreas, yaitu salah satu jenis kanker sulit disembuhkan. Pankreas berfungsi mengeluarkan insulin yang membantu sel otot membakar gula untuk menghasilkan bahan bakar.
{/AF}

{AF}

9. Rahim
Minuman manis bisa meningkatkan risiko terkena pre-eklampsia, ibu hamil memiliki risiko 27 persen terkena kondisi ini jika ia minum soda setiap hari. Pre-eklampsia terjadi ketika pembuluh darah di plasenta tidak berkembang dengan baik sehingga mengurangi asupan oksigen dan transfer nutrisi ke bayi.
{/AF}

detikHealth