2 Jumadil-Awal 1443  |  Senin 06 Desember 2021

basmalah.png

Khasiat Makan Jantung Pisang untuk Kesehatan

 

Khasiat Makan Jantung Pisang untuk KesehatanFiqhislam.com - Tidak hanya buahnya yang lezat dan bermanfaat bagi kesehatan, ternyata jantung pisang juga berkhasiat sebagai obat alami berbagai penyakit. Apa saja penyakit yang bisa dicegah dan diobati dengan jantung pisang?

Pisang merupakan buah favorit banyak orang, karena mengandung banyak nutrisi. Namun, ternyata jantung pisang yang sering diabaikan juga memberikan banyak khasiat bagi kesehatan.

Berikut khasiat makan jantung pisang untuk kesehatan sebagaimana dikutip Zeenews, Selasa (17/5/2016).

Cegah perdarahan berlebih menstruasi

Jantung pisang adalah obat terbaik untuk perdarahan yang berlebihan saat wanita menstruasi. Makan jantung pisang yang telah dimasak dapat merangsang hormon progesteron dalam tubuh dan mengurangi perdarahan.

Menyembuhkan diabetes dan anemia

Mengonsumsi jantung pisang dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaga kadar insulin. Serat jantung pisang mengandung kadar besi yang tinggi dan membantu dalam produksi sel darah merah. Sel-sel darah merah ini akan meningkatkan kadar hemoglobin tubuh.

Mencegah infeksi

Jantung pisang sangat bermanfaat dalam mengobati infeksi. Ekstrak etanol berbasis jantung pisang dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen.

Anti depresan alami

Kehadiran kandungan magnesium yang tinggi membuat jantung pisang menjadi pendorong mood sempurna. Makan jantung pisang adalah cara alami untuk mendorong suasana hati yang positif dan melawan depresi.

Membantu ibu menyusui

Banyak ibu baru melahirkan menghadapi masalah pasokan susu yang sedikit selama menyusui. Nah, mengonsumsi jantung pisang dapat membantu meningkatkan pasokan Air Susu Ibu (ASI), sehingga membantu ibu menyusui bayinya lebih baik.

yy/Helmi Ade Saputra/okezone