25 Dzulhijjah 1442  |  Rabu 04 Agustus 2021

basmalah.png

Berkenalan dengan Diet Indeks Glikemi

Berkenalan dengan Diet Indeks GlikemiFiqhislam.com - Diet indeks glikemik adalah diet yang membantu Anda ataupun para penderita diabetes untuk dapat melakukan kontrol terhadap tekanan gula darah mereka.

Diet ini didasarkan pada gagasan bahwa karbohidrat yang dapat menyebabkan peningkatan pesat dalam kadar gula darah harus dihindari.

Fokus dari diet ini adalah untuk menjaga gula darah Anda seimbang dengan konsumsi karbohidrat secara benar. Makanan seperti roti, oatmeal, pasta, atau nasi dapat kurangi porsinya untuk menjaga tekanan gula darah.  Anda juga harus mendorong diri Anda untuk banyak makan buah-buahan dan sayuran, dan kentang sebagai pengganti nasi, demikian yang dilansir Myhealthnewsdaily,  Minggu (23/09/2012

Meskipun diet rendah glisemik indeks adalah dasar dari penurunan berat badan, diet ini memiliki dampak yang lebih signifikan pada pasien dengan diabetes tipe 2, atau pradiabetes. Tidak hanya dapat membantu diet mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes keseluruhan, juga dapat meningkatkan high-density lipoprotein (kolesterol baik) dan mengurangi risiko kardiovaskular secara keseluruhan.

Dalam sebuah uji coba klinis secara acak yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association pada tahun 2008 di mana 210 orang mengikuti diet selama enam bulan, diet ini terbukti lebih efektif dalam mengontrol kadar gula darah daripada diet tinggi serat sereal yang terdiri dari coklat, karbohidrat seperti roti gandum, sereal, beras merah, dan kentang dengan kuli. [yy/okezone/foto: tvoidietolog.ru]