30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Cara Terbaik Mengonsumsi Salad

Cara Terbaik Mengonsumsi SaladFiqhislam.com - Seporsi salad bisa dikatakan sebagai surga bagi para penikmat sayuran mentah. Rasanya yang segar, ditambah warnanya yang menggugah selera, dikalim memberikan nutrisi yang lebih banyak ketimbang jenis sayur yang harus dilakukan proses pemasakan terlebih dahulu.

Namun kenyataannya, meski dikatakan sarat akan gizi, pemilihan dressing atau saus dalam salad erat kaitannya dengan kesehatan.

Pemilihan olive oil sebagai dressing memang lebih baik dibanding mayones. Meski demikian, sebaiknya batasi penggunaan olive oli dalam mangkuk salad Anda. Kurangi kuantitas minyak sekitar satu sendok makan. Gantilah dengan tambahan perasan air lemon untuk menjaga kadar lemak. Selain sehat, juga terasa lebih segar.

Dalam memberi rasa pada dressing salad, jauhkan penggunaan banyak garam. Menambahkan natrium terlalu banyak dapat menyebabkan peradangan dan masalah lambung. Kurangi konsumsi garam atau ganti dengan cuka apel atau perbanyak perasan lemon.

Jika Anda bermaksud menyimpan bahan-bahan salad untuk menunjang kepraktisan dalam penyajian, pastikan semua bahan tersebut dimasukkan ke dalam wadah kedap udara. Sedangkan untuk dressing, simpan olive oil atau perasan jeruk di dalam botol-botol kecil. Kemudian Anda bisa menyimpan bahan-bahan tersebut di dalam lemari es. [yy/mediaIndonesia]