9 Safar 1443  |  Jumat 17 September 2021

basmalah.png

Parasit Berbahaya di balik Penggunaan Lensa Kontak

Parasit Berbahaya di balik Penggunaan Lensa Kontak Fiqhislam.com - Meski terlihat lebih gaya, mereka yang kerap menggunakan lensa kontak haruslah menjaga kebersihan dari lensa yang digunakan. Bukan tanpa alasan, Fiona Henriquez ilmuwan dari University of the West of Scotland mengatakan, bahwa masalah ini merupakan masalah potensial yang bisa dialami oleh semua pemakai lensa kontak.

Menurut Graeme Stevenson, seorang ahli optik di Inggris, Acanthamoeba merupakan parasit bersel tunggal kecil yang banyak ditemukan pada lensa kontak yang kotor. Ia menjelaskan, apabila lensa kontak kotor tersebut dimasukkan ke dalam mata, maka parasit tersebut akan menyelinap masuk ke dalam kornea, dan selanjutnya akan berkembang biak di dalamnya, sehingga bukan tidak mungkin jika parasit tersebut akan menggerogoti bola mata manusia sehingga akan terjadi infeksi.

Menurut Stevenson, gejalanya infeksi tersebut dimulai dengan mata menjadi gatal dan berair, penglihatan kabur, bahkan hingga terjadinya pembengkakan kelopak mata atas dan rasa sakit yang hebat.

Para ilmuwan menyarankan para pemakai lensa kontak untuk menjaga kebersihan alatnya itu dan menggantinya secara teratur. Untuk tips, lensa kontak sebaiknya disimpan dalam wadah khusus berisi cairan khusus lensa kontak. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun kesehatan di bawah air mengalir sesaat sebelum menggunakan dan mencopot lensa kontak. Selain itu, usahakan untuk menghindari lingkungan yang terlalu berdebu. Saat mata terasa gatal, jangan menguceknya, gunakan obat tetes mata yang diresepkan oleh dokter. [yy/mediaIndonesia/foto: blogspot.com]