15 Jumadil-Akhir 1443  |  Selasa 18 Januari 2022

basmalah.png

KESEHATAN

6 Makanan yang Menjamin Anda Tetap Fokus

6 Makanan yang Menjamin Anda Tetap Fokus Fiqhislam.com - Bagi Anda yang memiliki aktivitas padat setiap harinya, diperlukan makanan yang bukan hanya memiliki nutrisi yang pas, namun juga mampu membuat pikiran tetap fokus.

Nah, agar Anda tetap berkonsentrasi, makanan berikut bisa menjadi  pilihan terbaik.

1. Ikan : mengonsumsi ikan kaya asam lemak omega 3 dua kali seminggu akan menyumbangkan vitamin yang dibutuhkan otak untuk terus berkembang. Sebagai pilihan, konsumsilah jenis ikan yang memiliki kadar merkuri rendah atau bebas merkuri seperti ikan salmon dan ikan haring.

2. Bluberi : antioksidan dalam bluberi akan membantu melindungi otak Anda dari penyakit Alzheimer atau kepikunan. Mengonsumsi bluberi sebagai camilan juga membantu pikiran tetap fokus.

3. Popcorn : kudapan yang akrab sebagai teman menonton film ini mengandung vitamin B6, B12, dan vitamin E yang membuat pikiran tetap fokus dan menjaga kekuatan otak. Meski demikian, ada baiknya untuk menggunakan mentega rendah lemak dalam proses pengolahan.

4. Avokad : bukan hanya membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, dengan kandungan asam lemak omega 3, avokad juga membantu dalam mengurangi plak pada otak, dan meningkatkan aliran darah. Avokad bisa dikonsumsi begitu saja atau dibuat menjadi jus. Hindari susu krim dan gula dalam jumlah yang berlebihan.

5. Sayuran hijau : melahap sayuran hijau seperti bayam, brokoli, peterseli, dan lainnya akan membantu Anda dalam menjaga ketajaman dalam pikiran karena  kandungan asam folatnya. Pastikan jenis sayuran hijau menjadi menu makan siang Anda.

6. Kacang-kacangan : bukan hanya membuat pikiran tetap fokus karena kandungan antioksidan dan protein di dalamnya, kacang-kacangan juga akan membantu Anda dalam memberikan perlindungan jangka panjang terhadap penurunan fungsi kognitif. Untuk memperoleh khasiatnya, Anda bisa mengonsumsi almond, kacang mede, kacang tanah, dan lainnya. [yy/mediaIndonesia/foto: wordpress.com]