pustaka.png.orig
basmalah.png


3 Dzulqa'dah 1442  |  Minggu 13 Juni 2021

Senyawa Pala Efektif Turunkan Kadar Gula

Senyawa Pala Efektif Turunkan Kadar GulaFiqhislam.com - Dr Keri Lestari yang kini berkiprah sebagai dosen Fakultas Farmasi Unpad melakukan penelitian terhadap buah pala. Ternyata, pala memiliki khasiat untuk mengatasi sejumlah penyakit.

Dari hasil uji ekstraksi biji pala, Keri mendapati bahwa pala memiliki kandungan senyawa yang efektif menurunkan kadar gula dalam tubuh.

Penelitian Keri masih akan dikembangkan untuk menghasilkan obat antidiabetes berbahan biji pala. Untuk obat yang sedang diujinya, Keri sudah mampu memisahkan zat myritisin dan safrol yang terkandung dalam buah pala karena menyebabkan efek kantuk.

Penelitian Keri terhadap khasiat buah dan biji pala telah dirintisnya sejak menempuh studi S1, dan terus berlanjut hingga mengambil jenjang master.

Melalui joint research bersama Yonsei University Korea pada 2008, Keri mematenkan pembuatan dan penggunaan ekstrak biji pala sebagai anti hiperglikemik atau obat antidiabetes pada pasien diabetes tipe 2.

Pada 2012, penelitian ekstrak biji pala Keri melangkah pada keberhasilan memisahkan zat myritisin dan safrol, yang kembali diperoleh paten atas nama Keri.

"Memang saya konsisten semenjak studi S-1 juga sudah mengenai diabetes. Awalnya cuma pengen memberikan treatment buat keluarga. Dari sana timbul keinginantahuan terhadap biji pala," ujarnya sebagaimana dilansir situs resmi Unpad, Rabu (3/10). [yy/republika/foto: blogspot.com]