29 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 04 Desember 2021

basmalah.png

Bahaya Mengonsumsi Obat Tidur dalam Jangka Panjang

Bahaya Mengonsumsi Obat Tidur dalam Jangka PanjangFiqhislam.com - Penggunaan obat tidur tidak sesuai dosis dan anjuran dokter akan menimbulkan bahaya bagi siapapun yang mengonsumsinya, termasuk jika Anda penderita insomnia.

Royal Pharmaceutical Society, sebuah badan profesional untuk apoteker di Inggris, Skotlandia, dan Wales, mengatakan bahwa berdasarkan temuan dari survei terhadap 2.077 orang, setengah penderita insomnia mendiagnosis dirinya sendiri dan melakukan pengobatan sendiri tanpa mencari saran medis. Lebih lanjut lembaga tersebut menyebutkan, insomnia sering kali menjadi bagian dari masalah kesehatan mental yang sebenarnya perlu pengobatan resmi dari dokter.

Dalam survei ini, 30 persen orang mengatakan mereka mengonsumsi obat tidur selama lebih dari sebulan tanpa mendapatkan saran dari dokter, sementara 14 persen lainnya mengonsumsi selama enam bulan.

Menurut salah satu ahli farmasi di Inggris, Paul Johnson, penggunaan obat tidur tanpa resep dokter hanya bisa efektif untuk pengobatan jangka pendek terhadap insomnia ringan namun tidak seharusnya dilakukan sampai jangka waktu lama. “Karena hal ini bisa menyembunyikan masalah kesehatan yang serius yang bisa semakin memburuk jika tidak diobati,” kata Johnson.

Insomnia adalah kondisi sulit tidur, tetap terjaga, atau baru mendapatkan tidur yang cukup berkualitas setelah malam berlalu. Insomnia sendiri terdiri dari tiga jenis, yakni insomnia sementara (beberapa hari hingga seminggu), insomnia akut yang merupakan ketidakmampuan untuk secara konsisten tidur dengan baik untuk jangka waktu antara tiga minggu sampai enam bulan. Dan insomnia kronis yang berlangsung selama bertahun-tahun pada suatu waktu.

Insomnia bisa disebabkan oleh masalah kejiwaan seperti depresi, gangguan kecemasan, dan schizophrenia. Penyakit lainnya adalah gangguan jantung, penyakit Alzheimer, dan masalah hormonal yang juga bisa mengganggu pola tidur yang normal. [yy/mediaIndonesia]