5 Jumadil-Awal 1443  |  Kamis 09 Desember 2021

basmalah.png

Ingin Bebas Stroke? Konsumsilah Tomat

Ingin Bebas Stroke? Konsumsilah TomatFiqhislam.com - Tahukah Anda tomat berfungsi mengurangi risiko stroke? Para peneliti dari Finlandia baru-baru ini menemukan fungsi tersebut. Pengurangan potensi stroke dari tomat berasal dari kandungan likopen atau semacam bahan kimia berwarna merah yang ada di tomat.

Berdasarkan penelitian yang telah diterbitkan di jurnal Neurology, semakin banyak kandungan likopen yang juga ditemukan pada paprika dan semangka pada tubuh akan berdampak pada penurunan risiko seseorang terhadap stroke. Studi dari 1.031 orang yang dilakukan para ahli itu menunjukkan, mereka yang kadar dalam darahnya terdapat banyak kandungan likopen terbukti terhindar stroke.

Dalam penelitian tersebut, para relawan dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan jumlah likopen dalam darah mereka. Hasilnya, sebanyak 25 orang mengalami stroke dari 258 relawan dengan likopen rendah. Sementara pada kelompok yang memiliki likopen dalam darah tinggi, hanya 11 orang yang mengalami stroke dari 259 relawan.

"Lycopene bertindak sebagai antioksidan, mengurangi peradangan dan mencegah pembekuan darah," ungkap Dr Jouni Karppi dari University of Eastern Finland di Kuopio.

"Hasil studi ini menambah bukti bahwa diet tinggi buah-buahan dan sayuran, terkait dengan risiko lebih rendah terkena stroke," tambahnya. [yy/liputan6]