pustaka.png.orig
basmalah.png


11 Dzulqa'dah 1442  |  Senin 21 Juni 2021

Kehebatan Nasi untuk Kanker Usus

Kehebatan Nasi untuk Kanker Usus Fiqhislam.com - Risiko kanker usus bisa dikurangi dengan mengonsumsi nasi. Demikian seperti yang dilakukan terhadap penelitian di Unversity of Canterbury. Hasil tersebut berasal dari penelitian terhadap 2.800 burung kiwi yang memiliki kanker usus.

Menurut Profesor Ann Richardson, yang memimpin penelitian tersebut, menyatakan bahwa kanker usus meningkat tajam di Jepang dan Hongkong. Ia menyebutkan bahwa jenis kanker ini seringkali dikaitkan dengan perubahan makanan pada negara setempat selama 50 tahun terakhir.

Sejak 20 hingga 30 tahun terakhir konsumsi nasi di jepang menurun hingga 50 persen. Sementara itu, negara yang tetap mengonsumsi nasi seperti China dan India memiliki tingkat kanker usus yang stabil.

Richardson menambahkan, berkurangnya risiko kanker usus dengan konsumsi nasi kemungkinan besar disebabkan karena nasi memiliki efek menekan pertumbuhan tumor. Sebagai informasi, kanker usus merupakan kondisi dimana tumbuhnya sel kanker yang ganas di dalam permukaan usus besar. Kebanyakan kanker usus besar berawal dari pertumbuhan sel yang tidak ganas atau adenoma, yang dalam stadium awal membentuk polip (sel yang tumbuh sangat cepat). Untuk terhindar dari penyakit ini, hindari jenis makanan yang mengandung tinggi lemak, protein, kalori, serta daging merah. Jangan lupakan konsumsi kalsium, asam folat, vitamin C dan E dalam jeruk, lemon, jambu, kiwi, dan buah lainnya. [yy/mediaIndonesia/foto hubpages.com]