27 Rabiul-Akhir 1443  |  Kamis 02 Desember 2021

basmalah.png

Kokain Obat Penyerang Jantung yang Sempurna

Kokain Obat Penyerang Jantung yang SempurnaFiqhislam.com - Kokain adalah obat untuk serangan jantung yang sempurna. Sebuah studi mengungkap pengguna kokain mempunyai risiko tinggi terkena serangan jantung ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsi.

Studi yang dilakukan peneliti Australia menemukan pengguna kokain untuk tujuan rekreatif (bersenang-senang) mempunyai tekanan darah lebih tinggi, pembuluh darah lebih kaku, dan otot jantung lebih tebal dibanding bukan pengguna. Semua itu bisa menyebabkan serangan jantung. Studi ini adalah yang pertama mendokumentasikan ketidaknormalan masalah kardiovaskuler pada pengguna kokain yang kelihatannya sehat setelah dampak langsung penggunaan kokain lama memudar.

Kokaina merupakan narkotika dari senyawa alkaloid yang didapatkan dari tumbuhan koka Erythroxylon coca. Untuk tujuan medis, kokain digunakan sebagai anastetik lokal saat pembedahan. Nama jalanan kokain kadang disebut sebagai koka, coke, happy dust, snow, charlie, srepet, salju, putih. Penyalahgunaan biasanya dilakukan dengan cara menghirup serbuk kokain dengan penyedot atau gulungan kertas. Cara lain adalah dibakar bersama tembakau yang sering disebut cocopuff.

Dalam studinya peneliti menggunakan alat magnetic resonance imaging (MRI). Ini digunakan untuk menghitung pengaruh kokain pada 20 orang dewasa yang kelihatannya sehat dan mereka adalah pengguna kronis zat berbahaya tersebut. Hasil MRI dari pengguna kokain ini lalu dibandingkan dengan hasil pemindaian MRI dari 20 orang bukan pengguna kokain.

Hasilnya, para pengguna kokain mempunyai nilai sejumlah faktor yang diasosiasikan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke. Sejumlah faktor tersebut adalah tingkat tekanan darah tinggi, pembuluh darah, dan ketebalan otot jantung. Peneliti menemukan pengguna kokain mempunyai peningkatan kekakuan aorta 30-35 persen, tekanan darah lebih tinggi, dan 18 persen lebih tebal pada dinding ventrikel jantung sebelah kiri.

"Kami berulang kali melihat orang muda menderita serangan jantung yang masif yang terkait dengan penggunaan kokain," kata kepala peneliti Dr Gemma Figtree sebagaimana dilansir dari laman Daily Mail, Selasa (6/11). "Meskipun mereka adalah profesional berpendidikan baik, tapi mereka tidak memiliki pengetahuan akan konsekuensi kesehatan pada penggunaan kokain. Ini (kokain) adalah obat serangan jantung yang sempurna," lanjut Gemma.

Gemma, guru besar kedokteran pada Sydney Medical School University of Sydney, mengatakan efek kombinasi dari pembekuan darah yang besar, peningkatan tekanan jantung, dan penyempitan pembuluh darah akan menempatkan pengguna kokain pada risiko besar terkena serangan jantung spontan.

Gemma dan koleganya di Sydney''s Royal North Shore Hospital merekrut pengguna kokain dengan tujuan rekreatif (sebanyak 17 pria dan tiga wanita berusia rata-rata 37 tahun) yang diketahui menggunakan kokain sekurangnya sekali dalam sebulan dalam satu tahun terakhir. Partisipan melengkapi daftar pertanyaan yang menjelaskan kebiasaan mereka, faktor risiko penyakit kardiovaskuler, dan status sosial ekonomi. Setidaknya 48 jam setelah penggunaan kokain terakhir, partisipan diperiksa tekanan darah dan dilakukan pemeriksaan MRI jantung.

"Pembuluh darah yang kaku diketahui berasosiasi dengan peningkatan tekanan darah sistolik. Akibatnya, jantung bekerja lebih keras, dan dinding jantung jadi lebih tebal," ungkap Gemma. [yy/tempo]