30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Kekayaan Asparagus untuk Pasien Diabetes

Kekayaan Asparagus untuk Pasien Diabetes Fiqhislam.com - Selain memiliki bentuk batang yang unik, asparagus memang sering dijumpai dalam semangkuk sup atau cantik dalam dijadikan sebagai hiasan pada masakan. Bukan hanya nikmat dalam semangkuk sup hangat, asparus juga disebutkan mampu mengatasi diabetes.

Dalam situs Dailymail disebutkan, sayuran berbentuk batang hijau ini mampu bekerja mengontrol kadar gula darah dengan meningkatkan produksi insulin tubuh. Selain itu disebutkan bahwa asparagus juga dapat membantu penyerapan glukosa.

Studi mengenai asparagus dalam mengakis diabetes bukan tanpa fakta. Di Inggris, asparagus kini meningkat konsumsinya, setelah para ilmuwan menemukan khasiat baru ini.

Tidak hanya sebatas itu, para ilmuwan dari University of Karachi, Pakistan, melakukan percobaan pada tikus. Mereka menyuntikkan bahan kimia untuk meningkatkan kadar gula darah, dan menurunkan tingkat insulin. Tikus-tikus ini kemudian dirawat menggunakan ekstrak asparagus. Diketahui, dari hasil studi disebutkan hanya dalam waktu 28 hari, kadar gula darah dan insulin tikus tersebut dapat kembali normal.

Sebagai informasi, selain mengandung antioksidan yang tinggi, asparagus juga diperkaya dengan berbagai nutrisi. Dalam secangkir asparagus mengandung, protein 4,65 gram, air 165 gram, serat larut 1,15 gram, serat tak larut 1,75 gram, karbohidrat 7,60 gram, gula 2,85 gram, lemak tunggal 0,02 gram, dan kalori sebesar 44 kal. [yy/mediaIndonesia/foto
fruitguys.com]