29 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 04 Desember 2021

basmalah.png

Lensa Matamu Bisa Jadi Ancaman

Lensa Matamu Bisa Jadi Ancaman  Fiqhislam.com - Banyak pengguna lensa kontak cenderung tidak berhati-hati atau ceroboh hingga mengakibatkan masalah serius pada mata mereka. Ahli mata mengungkapkan masalah serius itu seperti infeksi dan borok.

"Umumnya lensa kontak dianggap sangat aman, tetapi penggunanya harus tahu, perawatan buruk atas lensa kontak akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius," ujar Dr. Sean Edelstein, asisten profesor optalmologi di Saint Louis University Medical Center, Amerika, seperti dikutip situs Health Day edisi 24 November 2012. "Namun, saya sering bertemu pasien yang mengalami masalah infeksi atau peradangan terkait dengan penggunaan lensa kontak ini."

Edelstein yang merupakan spesialis kornea mata dan penyakit mata eksternal mengatakan gejala umumnya adalah mata merah, perih, sensitif terhadap sinar matahari, dan pandangan kabur. "Dalam kondisi seperti itu, Anda harus secepatnya melepaskan lensa kontak dan menemui dokter mata."

Kecerobohan yang biasa dilakukan terkait dengan penggunaan lensa kontak adalah:

1. Menggunakan lensa kontak yang sudah kedaluwarsa;
2. Menggunakan kembali lensa kontak yang sudah tidak dipakai;
3. Lensa kontak dibersihkan dengan air yang tidak steril;
4. Menggunakan lensa kontak terlalu lama atau hingga berganti hari;
5. Tidak membersihkan wadah lensa kontak dengan baik.

Yang kerap terjadi, infeksi kornea mata disebabkan oleh bakteri, khususnya Pseudomonas dan Staphylococcus. Dalam kasus yang jarang terjadi, Edelstein mengungkapkan, lensa kontak kemungkinan terinfeksi jamur atau parasit sehingga lebih sulit untuk diobati.

Dalam kasus-kasus ekstrem, infeksi bisa menyebar ke dalam mata, menyebabkan peradangan di dalam bola mata (endophthalmitis).

Borok pada kornea bisa menyebabkan jaringan parut pada kornea dan bahkan menyebabkan kehilangan penglihatan. Untuk mencegah efek berbahaya akibat perawatan lensa kontak yang buruk, Edelstein memberikan beberapa saran sebagai berikut :

1. Jangan pernah mengganti dengan air kran untuk membersihkan lensa kontak;
2. Selalu menggunakan air segar saat membersihkan lensa kontak;
3. Simpan wadah lensa kontak dengan baik dan pegang dengan cara yang benar;
4. Jangan gunakan lensa kontak untuk waktu yang sangat panjang. [yy/tempo]