14 Jumadil-Akhir 1443  |  Senin 17 Januari 2022

basmalah.png

BERITA INTERNASIONAL

Takut Ancaman Iran, Negara Teluk Bangun Sistem Pertahanan Udara

Takut Ancaman Iran, Negara Teluk Bangun Sistem Pertahanan UdaraFiqhislam.com - Negara-negara anggota Dewan Kerjasama Teluk (GGC) dilaporkan tengah membahas mengenai pembangunan sistem pertahanan udara di sepanjang wilayah Teluk. Ini dilakukan guna mengantisipasi ancaman yang ditimbulkan Iran.
 
"Negara Teluk bekerja sama untuk membangun sistem pertahanan rudal balistik bersama dan kami berharap untuk mengumumkan hasil mengenai hal itu segera," kata Komandan Angkatan Udara Bahrain, Hamd bin Abdullah Al Khalifa seperti dilansir Y Net pada Kamis (21/1).
 
Rencana pembangunan sistem pertahanan udara ini muncul setelah dunia internasional mencabut sanksi dan embargo terhadap Iran. Dimana, pencabutan sanksi dan embargo memungkinkan Iran untuk memngembangkan teknologi militer mereka, khususnya rudal balistik.
 
Iran sendiri saat ini memang tengah getol untuk mengembangkan program rudal balistik mereka. Iran bahkan sudah melakukan sejumlah uji coba rudal balistik mereka beberapa waktu lalu.
 
Namun, uji coba rudal balistik ini ternyata memancing kekhawatiran dari Amerika Serikat (AS), yang berujung pada penjatuhan sanksi baru Iran. Tapi, Iran menegaskan bahwa mereka tidak akan berhenti mengembangkan program rudal balistik mereka, walaupun sanksi baru sudah dijatuhkan. [yy/sindonews]