22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Italia Akhirnya Setujui Undang-undang Hubungan Sesama Jenis

Italia Akhirnya Setujui Undang-undang Hubungan Sesama Jenis

Fiqhislam.com - Senat Italia telah memutuskan untuk melegalkan hubungan pasangan sesama jenis. Italia merupakan negara Barat satu-satunya, yang paling akhir melegalkan undang-undang tersebut. Demikian lansir Independent Jum’at (26/2/2016).

RUU tersebut disahkan melalui pemungutan suara Senat Italia, dimana 173 suara menyatakan setuju melawan 71 suara penentang.

Keputusan itu dikritisi oleh senator Katolik konservatif. Mereka mengatakan bahwa anggota parlemen liberal dan pegiat hubungan sejenis menghasilkan hukum yang jadi aib dan merupakan peninggalan abad pertengahan yang tersisa di Italia.

Namun hak pasangan sejenis di Italia untuk mengadopsi anak dari pasangannya, yang disebut dengan anak tiri adopsi, dihapus. Dengan demikian anak dapat ditempatkan di sebuah rumah perawatan ketika terjadi kematian pada orang tuanya.

“Adopsi anak tiri yang marak terjadi di negara-negara Eropa lainnya, bisa mendorong pasangan sejenis untuk mencari anak-anak dari ibu pengganti dengan imbalan uang,” kata Menteri Dalam Negeri Angelino Alfano.

Matteo Renzi, pemimpin Partai Demokrat, mengatakan bahwa keputusan tersebut merupakan peristiwa bersejarah.

Menteri Reformasi Konstitusi, Maria Elena Boschi mengatakan keputusan itu menjadi akhir dari kurang dihargainya hubungan sesama jenis. “Tidak akan ada lagi warga kelas dua di Italia,” ujar Boschi.

Namun aktivis pembuat film dokumenter tentang hak-hak gay di Italia Gustav Hofer mengatakan Komunitas LGBT Italia tidak merayakan keputusan itu, meskipun kami telah menunggu selama 30 tahun semenjak diskusi pertama.

 

“Umat Katolik adalah orang-orang yang bersorak malam ini. Mereka telah memenangkan hak-hak anak, dan anak-anak telah dikorbankan di atas altar kefanatikan mereka.

“Ini adalah aib,” demikian Hofer. [yy/islampos]