2 Jumadil-Awal 1443  |  Senin 06 Desember 2021

basmalah.png

Anggota Jaysh al-Islam Boleh Terlibat di Negosiasi Damai Suriah

Anggota Jaysh al-Islam Boleh Terlibat di Negosiasi Damai SuriahFiqhislam.com - Anggota dari kelompok Jaysh al-Islam, salah satu faksi pemberontak Suriah diizinkan untuk terlibat dalam negosiasi damai Suriah. Mereka diperbolehkan terlibat, asalkan datang atas nama pribadi.

"Kami telah sepakat, orang-orang ini, jika mereka mengambil bagian dalam negosiasi, mereka harus terlibat dalam kapasitas pribadi mereka," ucap Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, seperti dilansir Itar-tass pada Selasa (2/2).

"Mereka harus menerima semua persyaratan yang tercantum dalam resolusi Dewan Keamanan PBB no 2254, khususnya terkait penolakan kategoris aktivitas ekstrimis dan komitmen untuk integritas wilayah Suriah," sambungnya.

Namun, dalam kesempatan yang sama, Lavrov juga menegaskan, dengan menerima kehadiran anggota Jaysh al-Islam, bukan berati mereka telah mencoret kelompok itu dalam daftar teroris. Rusia menilai, Jaysh al-Islam sebagai bagian dari al-Nusra.

Negosiasi damai Suriah sendiri saat ini tengah berlangsung di Jenewa, Swiss. Negosiasi ini akhirnya berjalan setelah PBB dapat memberikan kepastian kepada oposisi Suriah, bahwa bantuan kemanusiaan akan masuk ke Suriah. [yy/sindonews]