20 Jumadil-Akhir 1443  |  Minggu 23 Januari 2022

basmalah.png
BERITA INTERNASIONAL

Donald Trump Menang di Michigan dan Mississippi

Donald Trump Menang di Michigan dan MississippiFiqhislam.com - Donald Trump telah memenangi pemilihan pendahuluan di 14 negara bagian.

Donald Trump memperkuat peluangnya untuk menjadi kandidat presiden Amerika Serikat dari Partai Republik dengan memenangi pemilihan pendahuluan di dua negara bagian, yakni Michigan dan Mississippi.

"Salah satu hal yang membuat saya paling bahagia adalah hasil pemilihan yang begitu besar…Saya pikir ini merupakan kisah terbesar dalam ranah politik saat ini," kata Trump dalam jumpa pers di Florida.

Dia berjanji akan lebih bersikap layaknya seorang presiden, bahkan melebihi presiden-presiden AS sebelumnya, kecuali Abraham Lincoln. Menurut Trump, "tiada yang lebih konservatif" darinya.

Trump saat ini telah memenangi 14 negara bagian yang menggelar pemilihan pendahuluan. Dari ke-14 negara bagian itu, dia menggaet 428 delegasi dan perlu 809 delegasi tambahan agar Partai Republik mengukuhkannya sebagai kandidat presiden.

Pesaing terdekat Trump adalah Ted Cruz. Senator asal Negara Bagian Texas itu telah memenangi enam negara bagian dan memperoleh 315 delegasi.

Sejumlah analis mengatakan Cruz tampak menjadi satu-satunya bakal kandidat yang bisa menghentikan Trump.

Sementara itu di kubu Partai Demokrat, Hillary Clinton memenangi pemilihan pendahuluan di Mississippi.

Berkat kemenangan itu, mantan Ibu Negara itu 1.160 delegasi atau kurang 1.223 delegasi lagi agar partai berlambang keledai tersebut memberikannya predikat kandidat presiden AS.

Rival satu-satunya Hillary Clinton adalah Bernie Sanders. Dia telah memenangi pemilihan pendahuluan di delapan negara bagian dan menggaet 503 delegasi. [yy/news.detik]