23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Presiden Rouhani Menang Bulat Pada Pemilu Iran

Presiden Rouhani Menang Bulat Pada Pemilu IranFiqhislam.com - Presiden Hassan Rouhani menang bulat pada pemungutan suara, yang memenangkan 29 dari 30 kursi yang dicadangkan bagi Ibu Kota Teheran. Hasil awal tersebut dirilis pada Sabtu (27/2).

Pemilihan parlemen tersebut dipercepat setelah sanksi atas Iran dicopot. Kemudian puluhan juta penduduk memadati tempat pemungutan suara (TPS) pada Jumat (26/2) waktu setempat untuk pemungutan suara untuk parlemen dan eksekutif tersebut.

“Pemilihan Iran saat ini memberikan kredibilitas dan berpengaruh pada pemerintah. Kompetisi sudah berakhir, saatnya untyuk membuka lembaran baru dalam pembangunan ekonomi Iran,” kata Presiden Rouhani, menurut Reuters, Sabtu (27/2).

Presiden Rouhani menambahkan, pemerintah akan bekerja sama dengan pihak manapun untuk masa depan Iran. Sementara itu penghitungan awal dihitung dari sekitar 1,5 juta penduduk Teheran. Kurang dari seperlima dari total pemilih di ibu kota. Sedangkan menurut angka dari Kementerian Dalam Negeri Iran menyebutkan bahwa Akbar Hashemi Rafsanjani memimpin dalam penghitungan suara untuk Majelis Ahli.

Mohammed Reza Aref, reformis senior di Iran unggul dalam penghitungan suara untuk kursi parlemen di antara kandidiat di Teheran. Dia memimpin di antara 1.000 kandidat lainnya yang memperebutkan 30 kursi parlemen. Aref, mantan calon Presiden Stanford dan pernah menjabat sebagai menteri tersebut merupakan Wakil Presiden dari mantan Presiden reformis Mohammad Khatami.    

Pemilihan suara ganda tersebut itu dilihat oleh para analis sebagai titik balik potensial untuk Iran, di mana hampir 60 persen dari 80 juta penduduk berada di bawah usia 30 tahun. [yy/republika]