19 Safar 1443  |  Senin 27 September 2021

basmalah.png

Balas Serangan Roket, Jet Tempur Israel Bombardir Lebanon

Balas Serangan Roket, Jet Tempur Israel Bombardir Lebanon

Fiqhislam.com - Pesawat jet tempur Israel membombardir wilayah Lebanon selatan, Kamis (5/8/2021) dini hari. Itu sebagai balasan atas serangan rentetan serangan roket ke wilayah negara Yahudi tersebut.

Gempuran jet tempur hanya berselang beberapa jam setelah militer Israel menembaki situs di Lebanon selatan dengan tembakan artileri. Rentetan serangan roket dari Lebanon diduga dilakukan oleh kelompok Hizbullah, sekutu utama Iran pada Rabu sore.

Belum ada laporan tentang korban luka maupun korban jiwa dalam serangan jet tempur yang melanda situs-situs di Al-Khiam, Kafr Kila dan Alaishiyeh.

Sebuah video yang diambil tak jauh dari lokasi serangan menunjukkan jet tempur Israel menderu di atas wilayah udara Lebanon dan kemudian membombardir beberapa situs.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah mengonfirmasi serangan udara tersebut. "[IDF] menentang infrastruktur yang digunakan untuk terorisme," kata militer Israel tersebut dalam sebuah pernyataan.

"Serangan IDF akan berlanjut dan bahkan meningkat dalam menghadapi upaya teroris terhadap Negara Israel dan warganya," lanjut pernyataan itu.

"Negara Lebanon bertanggung jawab atas apa yang terjadi di wilayahnya. IDF memperingatkan upaya berkelanjutan atas [tindakan] membahayakan warga Israel dan kedaulatannya."

Pada Rabu sore, tiga roket ditembakkan dari Lebanon selatan menuju desa-desa Israel di Kiryat Shmona, Kfar Giladi, dan Tel Hai, yang terletak di dekat perbatasan de facto Garis Biru antara kedua negara.

Salah satu roket memicu kebakaran semak-semak tanpa ada korban jiwa yang dilaporkan. Sebagai tanggapan, IDF menembakkan tiga tembakan artileri ke Lebanon selatan. [yy/sindonews]