19 Safar 1443  |  Senin 27 September 2021

basmalah.png

Pakistan Kerahkan Militer ke Perbatasan Afghanistan

Pakistan Kerahkan Militer ke Perbatasan Afghanistan

Fiqhislam.com - Pakistan mengerahkan personel militernya di sepanjang perbatasan Afghanistan di tengah ketegangan yang terjadi. Hal itu dilaporkan oleh surat kabar Pakistan, Dawn.

Menteri Dalam Negeri Pakistan Sheikh Rashid Ahmed mengatakan, bahwa tentara negaranya telah menggantikan Frontier Constabulary (FC), Pasukan Retribusi dan milisi lainnya dari posisi garis depan.

"Pasukan tentara reguler menjaga perbatasan setelah mengganti pasukan paramiliter," kata Ahmed dikutip laman Sputnik, Ahad (25/7).

"Situasi bergejolak saat ini (di Afghanistan) menuntut agar pasukan militer reguler dikerahkan di sepanjang perbatasan," ujarnya menambahkan.

Menteri mengatakan, bahwa situasi yang memburuk menjamin penahanan masuknya pengungsi dari Afghanistan serta masuknya milisi Taliban ke Pakistan. Dia mengatakan, bahwa pasukan paramiliter dikerahkan untuk menangani masalah reguler, termasuk penyeberangan ilegal dan penyelundupan.

Namun, menteri dalam negeri menahan diri untuk tidak memihak siapa pun dalam perang Afghanistan. "Pertarungan di dalam Afghanistan adalah masalah internal mereka, dan Pakistan tidak memihak dan tidak memiliki favorit," ujarnya.

Menurut menteri, sudah saatnya para politisi Afghanistan dan kepemimpinan militer mereka belajar untuk menangani masalah mereka. "Kami tidak ingin melihat bahwa tanah Pakistan digunakan dengan cara apa pun atau oleh pihak manapun dalam konflik Afghanistan, dan kami telah meyakinkan kepemimpinan Afghanistan tentang kebijakan ini," kata Sheikh Rashid.

Juru bicara Angkatan Darat Pakistan Mayor Jenderal Babar Iftikhar juga mengatakan bahwa penggantian pasukan paramiliter akan membantu mencegah konflik meluas ke Pakistan. Sebelumnya pada Juni, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa Amerika Serikat akan menarik pasukannya dari Afghanistan pada tanggal 31 Agustus tahun ini.

Awal pekan ini, Taliban mengeklaim bahwa pihaknya menguasai hampir 90 persen wilayah perbatasan Afghanistan, termasuk dengan Tajikistan, Uzbekistan, Turkmenistan, dan Iran. Pasukan Afghanistan saat ini terlibat dalam pertempuran sengit dengan kelompok pemberontak Islam untuk merebut kembali seluruh distrik Spin Boldak di perbatasan Pakistan. [yy/republika]