22 Dzulhijjah 1442  |  Minggu 01 Agustus 2021

basmalah.png

Partai Kanada Dukung Boikot Produk Permukiman Ilegal Israel

Partai Kanada Dukung Boikot Produk Permukiman Ilegal Israel

Fiqhislam.com - Banyak anggota Partai Demokrasi Baru (NDP) Kanada yang mendukung boikot produk Israel yang diproduksi di daerah permukiman ilegal dalam konvensi partai. Anggota NDP memberikan suara mereka dalam pemungutan suara yang digelar akhir pekan lalu.

Pada Selasa (13/4), Middle East Monitor melaporkan, sebagian besar anggota NDP mendukung mosi yang diajukan aktivis Palestina dan Yahudi untuk mengubah kebijakan partai yakni mendukung boikot produk-produk dari permukiman ilegal Israel di tanah Palestina serta mengembargo senjata ke Israel.

Mosi itu diajukan setelah selama bertahun-tahun banyak anggota NDP mendesak partai itu untuk mengambil sikap tegas terhadap konflik Israel-Palestina. "Mosi yang diadopsi hari ini hasil dari gelombang besar dukungan akar rumput," kata salah satu pemimpin Resolusi Keadilan dan Perdamaian Israel Palestina Konvensi NPD, Amy Kishek.

"Posisi ini tidak hanya populer dikalangan anggota NDP tapi juga didukung mayoritas gerakan buruh Kanada serta masyarakat Kanada pada umumnya," tambah Kishek.

Jajak pendapat yang digelar EKOS Research tahun 2017 menunjukkan berdasarkan konteks pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Israel sebesar 78 persen masyarakat Kanada percaya seruan boikot dari Palestina masuk akal. Bagi mereka yang mengidentifikasi diri sebagai pendukung NDP angkanya lebih besar lagi yakni 90 persen.

Kebijakan yang diadopsi Senin (12/4), itu juga mendapat dukungan dari serikat buruh Kanada termasuk Kongres Buruh Kanada yang mewakili tiga juta buruh di seluruh negeri itu. Salah satu penyelenggara resolusi lainnya Geneviève Nevin mengatakan resolusi boikot menegaskan posisi NDP sebagai salah satu dari sedikit partai di Kanada yang menuntut diakhirinya dukungan pada produk yang diproduksi di pemukiman ilegal.

"Dan menghentikan sementara aliran senjata ke dan dari Israel sampai Palestina merdeka, di masa krisis sosial, lingkungan, dan ekonomi, sangat penting NDP berdiri bersama dan mengambil arah ke masyarakat yang terpinggirkan dan berjuang untuk perdamaian dan keadilan di mana pun," kata Nevin.

Pemungutan NDP salah satu dari serangkaian organisasi Kanada menentang brutalitas Israel menduduki tanah rakyat Palestina. Bulan lalu dosen-dosen Yahudi di universitas Kanada menentang definisi rasialisme terhadap Yahudi dari Aliansi Peringatan Holocaust Internasional (IHRA) yang sangat kontroversial. [yy/republika]