5 Jumadil-Awal 1443  |  Kamis 09 Desember 2021

basmalah.png

Sri Mulyani dan Nicke Widyawati Masuk 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Sri Mulyani dan Nicke Widyawati Masuk 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Fiqhislam.com - Majalah Forbes merilis nama-nama 100 nama wanita berpengaruh di dunia. Dari 100 nama tersebut, mereka berasal dari berbagai macam profesi dari mulai kepala negara, politisi, pengusaha, hingga selebritis.

Melansir Forbes, Rabu (9/12/2020), Kanselir Jerman Angela Merkel menjadi wanita paling berpengaruh di dunia dengan menempati peringkat pertama. Merkel sendiri sudah menjadi kanselir sehak tahun 2005 sekaligus menjadi kanselir wanita pertama di Jerman.

Pada November 2018, Merkel mengundurkan diri sebagai pemimpin Uni Demokratik Kristen dan mengumumkan dia tidak akan mencari masa jabatan lagi sebagai kanselir pada 2021. Namun pengaruhnya masih sangat besar karena Merkel tetap menjadi pemimpin de facto Eropa, memimpin ekonomi terbesar di kawasan itu setelah membawa Jerman melalui krisis keuangan dan kembali ke pertumbuhan.

Kepemimpinannya ditandai oleh cadangan baja, dari berdiri hingga Donald Trump hingga mengizinkan lebih dari satu juta pengungsi Suriah ke Jerman. Sebuah survei Oktober 2020 menemukan 75% orang dewasa di 14 negara Eropa mempercayai Merkel lebih dari pemimpin lain di wilayah tersebut.

Kemudian di tempat kedua ada nama Kepala Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde. Mantan bos IMF menjadi wanita pertama yang memimpin Bank Sentral Eropa pada 1 November 2019.

Sementara kejutan juga datang dari Wakil Presiden terpilih AS Kamala Harris, di mana dirinya menempati posisi ketiga. Kamala adalah wanita pertama yang menjadi wakil presiden dalam sejarah Amerika.

Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen dan Istri pendiri Microsoft Melinda Gates berada di posisi ke-4 dan ke-5.

Sementara itu dari Indonesia ada nama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Wanita yang kini menjabat bendahara negara ini dulu pernah memegang posisi sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Sri Mulyani berada di posisi 78 wanita paling berpengaruh di dunia. Sebenarnya, capaian ini bukan hal baru bagi Sri Mulyani, karena dirinya beberapa kali masuk sebagai wanita paling berpengaruh di dunia.

Pertama kali Sri Mulyani masuk menjadi wanita paling berpengaruh di dunia adalah ketika tahun 2008, ketika itu dirinya berada di peringkat nomor 23.

Kemudian 2009 dan 2011, wanita yang kerap disapa Ani itu masing-masing berada di peringkat 71 dan 63.

Kemudian pada 2013 peringkatnya kembali naik ke posisi 38, dan pada 2015 naik lagi menjadi 31. Kemudian 2016 peringkat Sri Mulyani turun ken posisi 37 dan pada 2018 peringkat 78 dan 2019 di posisi ke 76.

Selain Sri Mulyani, srikandi asal Indonesia yang masuk ke dalam daftar adalah nama Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. Nicke berada di periingkat 25 karena dianggap sebagai salah satu yang yang terbaik untuk peran bos perusahaan migas.

Dari kawasan Asia-Pasifik, sebenarnya ada beberapa nama lain selain Sri Mulyani dan Nicke Widyawati. Seperti misalnya Bos Holding Termasek Ho Ching, Presiden Taiwan Tsai-Ing Wen, Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wajed, dan juga Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Adern. [yy/okezone]