23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Trump Hentikan Pendanaan Untuk WHO

Trump Hentikan Pendanaan Untuk WHOFiqhislam.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan telah menginstruksikan kepada pejabatnya untuk menangguhkan pendanaan untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ia menilai WHO gagal menangani pandemi virus corona.

"WHO telah gagal menjalankan tugas dasarnya dan harus bertanggung jawab," kata Trump dalam konferensi pers di Gedung Putih, Rabu (15/4).

Ia mengatakan organisasi itu mempromosikan 'informasi palsu' yang disebarkan Cina tentang virus yang kini dikenal sebagai Covid-19. Akibatnya virus menyebar lebih luas dibandingkan yang seharusnya.

Sebelumnya Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus sempat yakin AS akan terus mendanai lembaga yang ia pimpin. Ghebreyesus mengaku telah menjalin komunikasi dengan Trump dua pekan lalu.



"Yang saya tahu adalah dia mendukung dan saya berharap bahwa dana untuk WHO akan terus berlanjut," katanya dalam sebuah konferensi pers pada Senin (13/4) lalu.

Dia mengklaim tak memiliki masalah dengan Trump. "Hubungan yang kami miliki sangat baik dan kami berharap ini akan berlanjut," ujar Ghebreyesus.

Sejak pekan lalu Trump sudah mengancam akan membekukan pendanaan untuk WHO. Dia menyebut WHO melewatkan seruan pandemi Covid-19.

Ia menilai WHO sangat China-sentris dalam menanggulangi pandemi. Hal itu menunjukkan WHO telah mengikuti upaya Beijing beberapa bulan lalu dalam meminimalisir keparahan wabah. [yy/republika]

Tags: WHO | Trump