26 Rabiul-Akhir 1443  |  Rabu 01 Desember 2021

basmalah.png

Korban Tewas Corona Terbanyak Kedua, Italia Isolasi Nyaris 16 Juta Orang

Korban Tewas Corona Terbanyak Kedua, Italia Isolasi Nyaris 16 Juta OrangFiqhislam.com - Pemerintah Italia mengambil langkah tegas dengan mengisolasi belasan provinsi terkait wabah virus Corona yang semakin merebak. Sejauh ini, Italia menjadi negara kedua dengan korban meninggal akibat virus Corona terbanyak setelah China daratan.

Seperti dilansir CNN dan Associated Press, Senin (9/3/2020), Perdana Menteri (PM) Italia, Giuseppe Conte, menandatangani dekrit karantina pada Minggu (8/3) pagi, yang isinya mengatur pemberlakuan langkah-langkah karantina di sebagian besar wilayah utara negara itu, yang menjadi pusat penyebaran virus Corona.

Hingga kini, sudah 7.375 orang yang dinyatakan positif virus Corona di wilayah Italia. Jumlah korban meninggal dilaporkan bertambah menjadi 366 orang.

Dekrit yang ditandatangani PM Conte itu mulai berlaku sejak Minggu (8/3) waktu setempat dan berdampak pada kehidupan nyaris 16 juta orang -- lebih dari seperempat total populasi Italia. Pemberlakuan isolasi atau lockdown ini membatasi perjalanan untuk seluruh wilayah Lombardy -- pusat wabah virus Corona -- dan 14 provinsi lainnya di Italia.



Area-area yang dikarantina termasuk Milan -- pusat finansial Italia dan kota utama di Lombardy, dan Venice yang merupakan kota besar di wilayah Veneto. Langkah luar biasa ini akan diberlakukan hingga 3 April mendatang.

Kementerian Transportasi Italia menyatakan bahwa para turis yang ada di wilayah-wilayah yang diisolasi, termasuk turis asing, dibebaskan untuk pulang ke negara masing-masing. Ditekankan bahwa bandara dan stasiun kereta masih tetap beroperasi seperti biasa.

Langkah yang diambil pemerintah Italia ini belum pernah terjadi sebelumnya dan menjadi langkah paling tegas yang diambil pemerintahan sebuah negara di luar wilayah China daratan sejak virus Corona muncul pada Desember 2019. [yy/news.detik]

Tags: Corona | COVID-19