23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Diserang Balon Peledak Lagi, Israel Gempur Wilayah Hamas di Gaza

Diserang Balon Peledak Lagi, Israel Gempur Wilayah Hamas di Gaza


Fiqhislam.com - Pesawat Israel menyerang dua titik pemantauan Hamas di Jalur Gaza, Sabtu (2/3/2019). Serangan itu dilakukan setelah militer melaporkan balon yang membawa "alat peledak" kembali dikirim ke Israel.

Tidak ada cedera yang terjadi akibat serangan itu. Serangan terjadi pada Sabtu malam di timur Al Bureij di Jalur Gaza tengah dan timur Rafah di selatan kantong yang diblokade, yang dijalankan oleh gerakan Islam Hamas.

"Serangan terjadi setelah sekelompok balon yang membawa alat peledak diluncurkan dari Jalur Gaza menuju wilayah Israel," kata tentara Israel dalam sebuah pernyataan, seperti dilaporkan AFP, Minggu (3/3/2019).

"Tidak ada cedera atau kerusakan yang dilaporkan," tambahnya.

Pada Rabu malam, pesawat Israel menargetkan beberapa situs militan di Gaza setelah "balon peledak" diluncurkan dari kantong Palestina yang menghancurkan sebuah rumah di Israel.

Warga Palestina di Gaza selama berbulan-bulan secara sporadis meluncurkan balon dengan alat pembakar dan alat peledak ke Israel selatan, bersamaan dengan aksi protes mingguan dan bentrokan yang terjadi di pagar perbatasan.

Setidaknya 251 warga Palestina terbunuh oleh tembakan Israel sejak Maret 2018, mayoritas ditembak selama aksi protes mingguan dan yang lainnya terkena tembakan tank atau serangan udara.

Dua tentara Israel terbunuh dalam periode yang sama. Israel dan Hamas berperang tiga kali sejak 2008. [yy/iNews]