25 Rabiul-Akhir 1443  |  Selasa 30 Nopember 2021

basmalah.png

Israel Buat Rudal Canggih, Klaim Seluruh Timur Tengah Tak Bisa Lolos

Israel Buat Rudal Canggih, Klaim Seluruh Timur Tengah Tak Bisa Lolos


Fiqhislam.com - Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Israel mengembangkan rudal pertahanan yang bisa menghantam target di negara mana saja di seluruh wilayah Timur Tengah.

Dia mengklaim, negaranya adalah satu-satunya yang mengembangkan rudal seperti itu.

Pengembangan senjata canggih itu disampaikan Netanyahu saat pidato tentang kemajuan negaranya dalam teknologi militer dan kedirgantaraan di Israel Aerospace Industries (IAI), Senin (18/12/2018).

"Perusahaan ini secara aktif mengembangkan rudal ofensif serta persenjataan dengan kemampuan khusus yang tidak dimiliki negara lain," kata Netanyahu, seperti dilaporkan Times of Israel, Selasa (18/12/2018).

"Rudal-rudal itu bisa mencapai di mana saja di kawasan ini dan target apa pun. Ini merupakan kekuatan ofensif Israel yang sangat penting bagi kami di semua sektor," imbuhnya.

Selain itu, kata Netanyahu, negaranya juga berusaha memperluas pijakannya di ruang angkasa dengan meluncurkan satelit mikro.

"Ruang angkasa adalah lingkup besar yang bisa dimasuki negara Israel," katanya.

Pernyataan Netanyahu ini muncul di saat situasi di kawasan Timur Tengah masih tegang. Selama setahun terakhir, Israel berulang kali menyerang tetangganya, Suriah, dengan dalih menghilangkan kehadiran milisi pro-Iran dan pasukan Iran di negeri Bashar Al Assad tersebut.

Suriah sendiri berulang kali mengecam serangan tersebut sebagai agresi terbuka terhadap sebuah negara yang berdaulat.

Salah satu serangan Israel memicu serangan balasan oleh sistem rudal S-200 Suriah yang secara tak sengaja menjatuhkan pesawat pengintai Rusia Il-20. Insiden itu menewaskan sekitar 15 kru militer Rusia.

Rusia menyalahkan Israel atas insiden tersebut. Sejak itu, Rusia memasok Pemerintah Suriah dengan sistem rudal anti-pesawat S-300 modern yang dikecam Israel dan Amerika Serikat. [yy/iNews]