15 Jumadil-Akhir 1443  |  Selasa 18 Januari 2022

basmalah.png

BERITA INTERNASIONAL

Serangan Houthi ke Saudi Tewaskan 1 Orang, Koalisi Arab Membalas

Serangan Houthi ke Saudi Tewaskan 1 Orang, Koalisi Arab Membalas


Fiqhislam.com - Serangan pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi terhadap basis pemberontak Houthi di Yaman menewaskan puluhan orang, Kamis (9/8/2018).

Komite Palang Merah Internasional (ICRC) menyebut serangan itu juga mengenai bus yang dinaiki warga sipil. Di antara para korban merupakan anak-anak.

Dalam pernyataan yang disiarkan kantor berita Saudi Press Agency (SPA), pasukan koalisi menyebut serangan tersebut menyasar elemen yang dianggap bertanggung jawab atas penembakan rudal ke Kota Jizan, Rabu kemarin. Serangan itu menewaskan satu orang dan melukai 11 lainnya.

Houthi menembakkan rudal dari Kota Amran ke Saudi yang dapat dicegat oleh sistem pertahanan udara. Namun serpihan rudal Houthi menimpa permukiman di Jizan menyebabkan korban tewas dan luka. Korban tewas teridentifikasi sebagai warga negara Yaman yang bermukim di Jizan, Saudi.

Pasukan koalisi tak menyebut secara spesifik target sasaran mereka, namun mengenai warga sipil.

"Terkait serangan pagi tadi terhadap sebuah bus yang mengangku anak-anak di Pasar Dahyan, utara Saada, rumah sakit menerima puluhan korban tewas dan luka," demikian pernyayaan ICRC, dikutip dari AFP, di akun Twitter.

"Di bawah hukum internasional, masyarakat sipil harus dilindungi saat konflik."

Sementara itu stasiun televisi yang dikelola Houthi, Al Masirah, melaporkan, 39 orang tewas dan 51 lainnya luka.

Perang Arab-Yaman berkecamuk sejak 2015 setelah kelompok syiah Houthi, yang didukung Iran dan Suriah, mengambil alih pemerintahan sah saat itu dalam kudeta di Sanaa. Mereka lalu menuntut pengakuan internasional untuk melanjutkan kepemimpinan Yaman, namun ditolak. [yy/iNews]