2 Jumadil-Awal 1443  |  Senin 06 Desember 2021

basmalah.png

Turki: Kami Akan Respon Setiap Sanksi AS Terkait Pembelian S-400

Turki: Kami Akan Respon Setiap Sanksi AS Terkait Pembelian S-400


Fiqhislam.com - Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu menyatakan, Ankara akan merespon jika Amerika Serikat (AS) memutuskan untuk menjatuhkan sanksi karena Turki membeli sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia.

"Mereka mengatakan, jika kami membeli S-400, maka mereka akan menjatuhkan sanksi. Jika Anda (AS) menjatuhkan sanksi, Anda akan melihat jawaban kami. Jika Anda menginginkan hubungan semacam itu, maka ini adalah pilihan Anda," ucap Cavusoglu, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (6/7).

Dia mengatakan, pendekatan AS yang mengharuskan negara lain untuk bergabung dengan mereka untuk turut menjatuhkan sanksi terhadap Rusia, adalah sesuatu tidak dapat diterima.

"Kami melihat bahwa AS dan Federasi Rusia memiliki masalah. AS memutuskan sanksi karena campur tangan dalam pemilihan. Jika saya memiliki hubungan yang buruk dengan seseorang, akankah saya menelepon dan memberitahu semua orang, untuk tidak berteman dengan dia," ungkapnya.

"Apakah ini masuk akal? Oleh karena itu, kami tidak menerima ini. Kami membeli S-400, dan apakah Anda mengenakan sanksi terhadap kami untuk ini? Hubungan tidak akan dilanjutkan dengan pendekatan semacam ini. Jika ada sanksi, kami akan menjawab," imbuhnya.

Seperti diketahui, Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Eropa dan Eurasia, Wess Mitchell memperingatkan pada 26 Juni bahwa S-400 oleh Turki akan mengarah pada penerapan sanksi Washington terhadap Ankara dan perubahan kualitatif dalam hubungan bilateral. [yy/sindonews]

 

Tags: Sanksi AS | Turki | S-400