26 Rabiul-Akhir 1443  |  Rabu 01 Desember 2021

basmalah.png

China Kirim Pasukan ke Suriah Dukung Presiden Assad

China Kirim Pasukan ke Suriah Dukung Presiden Assad


Fiqhislam.com - Menurut sejumlah sumber sebagaimana diberitakan New Khaleej, gerakan pasukan Cina tampak meningkat menyusul kehadiran militan Islam di kawasan Turkistan Timur untuk membantu kelompok oposisi.

Pekan lalu, dalam sebuah pertemuan dengan penasihat presiden Bouthaina Shaaban, Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi memuji langkah yang diambil rezim Suriah menghadapi kelompok Gerakan Islam Turkistan Timur.

Rezim Suriah, menurut laporan Middle East Monitor, juga mengklaim bahwa sekitar 5.000 warga Uigur, etnis minoritas muslim yang dituding teroris oleh Cina, telah tiba di Suriah.

Beberapa sumber mengatakan Menteri Pertahanan Cina berniat mengirimkan dua unit pasukan yang dikenal dengan sebutan "Singa Siberia" dan "Singa Malam" yang diambil dari Pasukan Operasi Khusus guna membantu pasukan pemerintah Suriah.

Pengiriman pasukan tersebut bukan pertama kali dilakukan Cina ke Suriah. Pada 2015, Suriah mengizinkan sekitar 5.000 tentara Cina memasuki wilayahnya yang ditempatkan di Latakia Barat. [yy/tempo]

 

Tags: Assad | Suriah