30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Arab Saudi Bantah Miliki Hubungan dengan Israel

Arab Saudi Bantah Miliki Hubungan dengan Israel


Fiqhislam.com - Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al Jubeir membantah bahwa Kerajaan Arab Saudi memiliki hubungan dengan Israel.

"Tidak ada hubungan sama sekali antara Arab Saudi dan Israel," kata Jubeir kepada televisi Mesir, CBC, Senin, 20 November 2017, sebagaimana diberitakan Al Arabiya, Selasa, 21 November 2017.

Selama ini, beredar rumor yang menyebutkan ada hubungan rahasia antara Yerusalem dan Riyadh guna membahas keamanan regional.

Bantahan Jubeir itu terkait dengan pernyataan Menteri Energi dan Infrastruktur Israel Yuval Steinitz bahwa Putra Mahkota Mohammed bin Salman melakukan kunjungan rahasia ke Israel pada September 2017.

"Kami memiliki hubungan rahasia dengan banyak negara Arab dan muslim, termasuk Arab Saudi," kata Steinitz kepada radio Angkatan Bersenjata Israel, Ahad, 19 November 2017.

Menurut Fast Forward, ini merupakan pengungkapan pertama oleh pejabat senior mengenai hubungan rahasia antara Israel dan Arab Saudi.

Pekan lalu, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Israel Letnan Jenderal Gadi Eizenkot menuturkan kepada sebuah koran online berbahasa Arab bahwa Israel siap berbagai informasi intelijen dengan Arab Saudi dan negara Arab lain yang memiliki kepentingan bersama menghadapi Iran. [yy/tempo]

 

Tags: Saudi | Israel