27 Rabiul-Akhir 1443  |  Kamis 02 Desember 2021

basmalah.png

Direktur CIA Perkirakan Beberapa Bulan Lagi Persiapan Nuklir Korut untuk Serang AS Rampung

Direktur CIA Perkirakan Beberapa Bulan Lagi Persiapan Nuklir Korut untuk Serang AS Rampung


Fiqhislam.com - Korea Utara (Korut) diketahui hanya memiliki beberapa bulan untuk menyempurnakan kemampuan perangnya untuk menyerang Amerika Serikat (AS) dengan senjata nuklir. Hal tersebut disampaikan oleh seorang pejabat intelijen AS, Mike Pompeo.

Peringatan dari Mike Pompeo, direktur Central Intelligence Agency (CIA), muncul saat Korut mengancam akan menyerang benua AS dengan rudal jarak jauh bertenaga nuklir yang selama ini negara tertutup tersebut banggakan.

"Mereka sekarang lebih siap dari lima tahun yang lalu dan saya rasa mereka lebih siap dalam lima dari sekarang, tanpa usaha global untuk melawan mereka. Ini adalah kasus yang cukup menunjukkan kemampuan mereka (Korut) dari perspektif kebijakan AS, kita harus bersikap seolah-olah kita berada di titik puncak mereka mencapai tujuan itu," kata Pompeo dalam sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh Foundation for Defense of Democracy, dikutip dari Yonhap, Jumat (20/10/2017).

Pompeo mengakui bahwa perkiraannya mungkin saja tidak sesuai karena keterbatasan kemampuan intelijen untuk mengawasi negara tertutup seperti Korut.

"Tapi saat Anda sekarang berbicara berbulan-bulan, kemampuan kita untuk memahami pada tingkat yang terperinci hal tertentu tidak relevan," tambahnya.

"Apakah itu terjadi pada Selasa atau satu bulan dari Selasa, kita berada dalam situasi di mana presiden menyimpulkan bahwa kita memerlukan usaha global untuk memastikan bahwa Kim Jong-un tidak memiliki kemampuan itu," ujarnya.

Sekadar diketahui, ketegangan antara Korut-AS meningkat dalam beberapa waktu terakhir setelah Trump menyatakan akan menghancurkan Korut di depan para diplomat PBB di New York saat Sidang Majelis Umum PBB berlangsung. Ancaman Trump itu direspons keras oleh Korut yang balik mengancam akan melakukan uji coba senjata nuklir di Pasifik.

Menlu Korut Ri Yong-ho mengatakan, saat ini sudah "tak terelakkan" lagi bahwa Korut akan menargetkan daratan AS dengan rudalnya. Dia juga menyebut Trump sebagai "orang sakit mental yang penuh dengan megalomania dan kelengahan,” dan menuduh Trump tengah berusaha mengubah PBB menjadi "sarang gangster." [yy/okezone]

 

Tags: Korea | Korut | Rudal | Nuklir | Jong un