22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Kabur dari Raqqa, ISIS Gunakan Warga Sipil sebagai Tameng

Kabur dari Raqqa, ISIS Gunakan Warga Sipil sebagai Tameng


Fiqhislam.com - Pasukan pembebasan Suriah atau SDF menyatakan, sejumlah anggota ISIS telah meninggalkan Raqqa, semalam. Sayangnya, mereka turut serta membawa warga sipil, yang difungsikan sebagai tameng.

"Sekelompok anggota ISIS telah keluar dari kota Raqqa di Suriah semalam, membawa warga sipil bersama mereka sebagai tameng manusia," kata juru bicara SDF, Mostafa Bali dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Minggu (15/10).

Bali mengatakan, anggota ISIS menolak untuk melepaskan warga sipil begitu mereka meninggalkan kota sesuai kesepakatan. "Mereka ingin warga sipil bersama mereka hingga tempat tujuan, dengan alasan keamanan," ungkapnya.

Dia kemudian menuturkan, anggota ISIS yang pergi semalam adalah gelombang terakhir kelompok militan yang menyerah, dan setuju untuk keluar dari kota tersebut. Ia juga menyebut anggota SDF akan tetap berada di Raqqa untuk mengawasi kota itu.

Dirinya menambahkan, tidak ada anggota ISIS asal negara lain dalam kovoi tersebut. Namun seorang pejabat di Dewan Sipil Raqqa, yang didirikan oleh SDF dan sekutunya untuk mengawasi jalannya kota tersebut, mengatakan bahwa ada beberapa anggota asing ISIS yang keluar dari Raqqa, namun mereka ikut dengan rombongan lain.

Jatuhnya Raqqa merupakan tonggak sejarah dalam pertempuran untuk mengalahkan ISIS yang pada tahun 2014 mengumumkan sebuah kekhalifahan baru, melakukan serangan di Barat, dan membuat peraturan ketat untuk orang-orang yang hidup di wilayah yang mereka duduki. [yy/sindonews]

 

Tags: Raqqa | Idlib | ISIS