24 Rabiul-Akhir 1443  |  Senin 29 Nopember 2021

basmalah.png

AS Minta PBB Cegah Hizbullah Dapatkan Senjata Baru

AS Minta PBB Cegah Hizbullah Dapatkan Senjata Baru


Fiqhislam.com - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB, Nikki Haley mendesak PBB untuk mencegah Hizbullah mendapatkan senjata baru. Haley menyebut PBB memiliki pasukan penjaga perdamaian di Libanon, yang bisa ditugaskan untuk mencegah Hizbullah mendapatkan senjata dari pasar gelap.

"Kami mendesak pasukan penjaga perdamaian PBB untuk meningkatkan upaya untuk mencegah penyebaran senjata ilegal di selatan Libanon. Seluruh senjata itu jatuh ke tangan Hizbullah," kata Haley, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (8/8).

Haley kemudian mengatakan, AS sedang mencari peningkatan yang signifikan terhadap kekuatan pasukan penjaga perdamian PBB, yang dikenal sebagai UNIFIL, ketika Dewan Keamanan (DK) PBB memperbarui mandat pasukan tersebut yang akan berakhir pada 31 Agustus.

Pernyataan Haley juga merupakan respon atas surat yang dikirimkan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres kepada DK PBB. Dalam suratnya Guterres berharap adanya peningkatan upaya dalam memperkuat UNIFIL, khususnya di Libanon.

Namun, Gutteres menekankan angkatan bersenjata Lebanon memiliki tanggung jawab utama untuk memastikan bahwa tidak ada personil bersenjata, aset atau senjata yang tidak sah di wilayah selatan antara Sungai Litani, dan Garis Biru yang memisahkan Libanon, dan Israel, dimana UNIFIL beroperasi .

"UNIFIL, yang berkoordinasi dengan angkatan bersenjata Libanon, tetap bertekad untuk bertindak dengan segala cara yang tersedia sesuai mandat dan kemampuannya mengenai informasi konkret yang diberikan mengenai keberadaan personil bersenjata, senjata atau infrastruktur ilegal di dalam wilayah operasinya," Kata Guterres dalam surat itu. [yy/sindonews]

 

Tags: Hizbullah