27 Rabiul-Akhir 1443  |  Kamis 02 Desember 2021

basmalah.png

Korea Utara Arahkan Peluru Kendali yang Diuji ke KTT G-20

Korea Utara Arahkan Peluru Kendali yang Diuji ke KTT G-20


Fiqhislam.com - Korea Utara kembali menguji coba senjata mutakhirnya, peluru kendali balistik. Tak tanggung-tanggung, kali ini sengaja diarahkan ke arah Wilayah Jerman, negara yang sedang menjadi lokasi konferensi tingkat tinggi atau KTT Negara G-20.

Dikutip dari Reuters, peluru kendali tersebut terbang awalnya sekitar 40 menit dan sempat mendarat di zona ekonomi eksklusif Jepang. Sebagai respons, Jepang melakukan protes dan menilai bahwa tindakan Korea Utara jelas melanggar aturan senjata yang ditetapkan PBB.

Misil tersebut terbang dengan jarak 930 Kilometer. Sementara ketinggiannya disebut pihak Korut masih dalam tahap analisis.

Sementara soal protes Jepang dari Perdana Menteri Shinzo Abe juga diabaikan pihak Korea Utara. Abe sebelumnya meminta agar dua negara utama yaitu Amerika Serikat dan Rusia lebih aktif dalam melakukan langkah konstruktif untuk menyetop program senjata Korut yang agresif.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump kemudian menanggapi hal tersebut melalui akun Twitter-nya.

"Korea Utara telah meluncurkan misilnya yang baru. Saya bertanya-tanya apa orang ini enggak punya kerjaan lain dalam hidupnya," kata Trump. [yy/viva]