24 Rabiul-Akhir 1443  |  Senin 29 Nopember 2021

basmalah.png

Wapres AS Sebut Kesabaran Negaranya Terhadap Korut Telah Habis

Wapres AS Sebut Kesabaran Negaranya Terhadap Korut Telah Habis


Fiqhislam.com - Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) Mike Pence mengumumkan bahwa kesabaran negaranya terhadap tindakan provokatif Korea Utara (Korut) telah habis. Pence menegaskan hal itu saat mengunjungi zona demiliterisasi yang memisahkan Korea Selatan (Korsel) dan Korut pada Senin 17 April 2017.

Pence mengunjungi Korut usai negeri yang dimpimpin Kim Jong-un tersebut kembali melakukan uji coba peluncuran rudal. Peluncuran itu dilaporkan kembali gagal namun menjadi penanda bahwa Korut tidak ada niat untuk menghentikan tindakan provokasi.

“Presiden Trump sudah jelas menyatakan kesabaran AS dan sekutunya di wilayah ini telah habis dan kami menginginkan perubahan. Kami ingin melihat Korut meninggalkan langkah gegabahnya pada pengembangan senjata nuklir dan terus digunakannya serta percobaan peluncuran rudal (hal itu) tidak bisa diterima,” tutur Pence, sebagaimana dikutip dari Russia Today, Senin (17/4/2017).

Pence juga sempat memuji aliansi antara AS dan Korsel yang sudah terjalin lama serta menegaskan Negeri Paman Sam akan terus memastikan stabilitas di Negeri Ginseng. “Semua opsi ada di meja untuk mencapai tujuan dan menjamin stabilitas masyarakat di negeri ini,” tambahnya.

Kunjungan ke Korsel hanya berselang beberapa hari sebelum Pence datang ke Tanah Air. Dijadwalkan Wapres AS itu akan berada di Indonesia selama dua hari pada 20-21 April 2017. [yy/okezone]

Tags: Mike Pence | Korut