30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Duterte minta Bantuan Separatis Moro Lawan Islamic State

Duterte minta Bantuan Separatis Moro Lawan Islamic State


Fiqhislam.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte meminta agar kalangan separatis di wilayah selatan Filipina untuk tidak terkait dengan para militan yang menyatakan berafiliasi dengan Islamic State (ISIS).

Pernyataan ini dikeluarkan oleh Duterte setelah Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana menerima laporan dari intelijen asing, yang menyebutkan bahwa seorang petinggi Abu Sayyaf mendepatkan instruksi dari ISIS. Perintah itu menyebutkan bahwa Abu Sayyaf harus memperluas kekuasaan ISIS di Filipina.

Duterte menyebutkan dirinya tidak bisa menahan kontaminasi ekstremis dan mendesak dua kelompok separatis Muslim untuk mencegah pengaruh ISIS. Desakan itu ditujukan Duterte kepada kelompok separatis Moro Islamic Liberation Front (MILF) dan Moro National Liberation Front (MNLF).

"Saya bersungguh-sungguh meminta kepada MNLF dan MILF untuk tidak memberikan tempat bagi teroris ke wilayah kalian," ujar Duterte, seperti dikutip Reuters, Sabtu (28/1/2017).

"Karena, jika hal itu terjadi, maka kami terpaksa memburu mereka (ISIS) di wilayah Anda dan hal ini bisa berarti masalah bagi kita semua. Saya tidak ingin hal itu terjadi," tegasnya.

"Pemerintah akan mengejar mereka, karena mereka sudah melakukan kesalahan. Mereka sudah membunuh banyak warga tak berdosa," imbuh Duterte.

Wilayah Filipina selatan sudah lama menjadi pusat perlawanan dari separatis. Tetapi yang dikhawatirkan oleh Duterte justru kelompok kecil yang bisa menyatakan afiliasi mereka dengan ISIS.

Kelompok kecil itu diperkirakan akan menerima para anggota ISIS yang melarikan diri dari Irak dan Suriah, yang saat ini tengah dihadapkan pada serangan koalisi internasional. Kelompok itu termasuk, Maute di Provinsi Lanao del Sur dan Abu Sayyaf di Kepulauan Sulu.

Abu Sayyaf yang dikenal kerap melakukan perompakan dan penculikan, biasa menggunakan bendera ISIS dalam video yang diposting lewat internet. [yy/atjehcyber]

 

Tags: duterte | moro | misuari | isis | mnlf | milf