2 Jumadil-Awal 1443  |  Senin 06 Desember 2021

basmalah.png

Iran Klaim Berperan Besar atas Kemenangan Aleppo

Iran Klaim Berperan Besar atas Kemenangan Aleppo


Fiqhislam.com - Para pemimpin Iran mengaku berperan besar dalam kemenangan di Aleppo.

Petinggi militer Iran, Seyyed Yahya Rahim Safavi, menyebut pasukan Bashar al-Assad, presiden Suriah, tak akan bisa merebut Aleppo tanpa bantuan Teheren.

"Aleppo berhasil dibebaskan, terima kasih koalisi antara Iran, Suriah, Rusia dan kelompok Hizbullah," ujar Yahya, yang juga merupakan pembantu dekat Ayatollah Ali Khameneni.

Menurut Yahya, Iran berada dalam koalisi yang sedang mendekati kemenangan. Hal itu menunjukkan kekuatan Iran. Presiden Amerika, kata ia, harus mengindahkan kekuatan Teheran.

Sementara itu. ketua Parlemen Iran Ali Larijani mengucapkan selamat kepada pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Menurutnya, kebijakan AS dan Inggris telah menemui jalan buntu di Suriah, Irak, Libya, dan Yaman.

Aleppo merupakan kota kedua terbesar di Suriah dan menjadi basis oposisi di negra itu. Wilayah ini telah lama dibombardir oleh pasukan al-Assad yang didukung Rusia dan milisi Iran.

Selama ini kelompok-kelompok oposisi mendapat bantuan dari Barat, negara Teluk dan Turki.

Mohsen Rezaie, mantan komandan Garda Revolusi Iran lewat akun Instagram-nya mengatakan, Iran bertujuan untuk membersihkan teroris dan kelompok tafkfiri di Suriah dan irak, demikian lansir Guardian. [yy/inilah]

 

Tags: aleppo | iran