23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Turki Berniat Gabung Organisasi Pimpinan China-Rusia

Turki Berniat Gabung Organisasi Pimpinan China-Rusia


Fiqhislam.com - Turki dilaporkan berencana untuk bergabung dengan Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) yang dipimpin oleh Rusia dan China, setelah terus menerus mendapat ketidakpastian dari Uni Eropa (UE). Rencana bergabungnya Turki ke SCO disampaikan langsung oleh Presiden Tayyip Erdogan.

Erdogan mengatakan, ia sudah membahas mengenai kemungkinan bergabungnya Turki ke SCO dengan Rusia dan Kazakhstan. Kedua negara tersebut, lanjut Erdogan, menyambut baik rencana bergabungnya Turki ke SCO.

"Pertama-tama, Turki harus merasa santai tentang UE dan tidak terpaku tentang bergabung dengan organisasi tersebut," kata Erdogan dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Russia Today pada Senin (21/11).

"Beberapa orang mungkin mengkritik saya, tapi saya mengungkapkan pendapat saya. Sebagai contoh, saya telah mengatakan mengapa kita tidak bergabung saja dengan kelompok Sanghai 5?" sambungnya merujuk pada SCO.

Sebelum tahun 2001 SCO disebut sebagai Shanghai Five. Organisasi ini berganti nama menjadi SCO setelah Uzbekistan bergabungpada tahun 2001. Pakistan diberikan status keanggotaan awal tahun ini, bersama dengan saingannya, India. Islamabad dan Delhi diharapkan menjadi anggota penuh pada tahun 2017 setelah pertemuan SCO di Astana, Kazakhstan. [yy/sindonews]

Tags: Turki | china | rusia