24 Syawal 1443  |  Kamis 26 Mei 2022

basmalah.png

Parlemen Iowa Izinkan Anak-anak Gunakan SenjataFiqhislam.com - Anggota parlemen di negara bagian Iowa AS dilaporkan telah meloloskan Rancangan Undang-undang (RUU) kontroversial. RUU ini memungkinkan anak-anak untuk menggunakan senjata di bawah pengawasan orang dewasa, PressTV melaporkan.

RUU disahkan berdasarkan 62-36 suara di DPR Iowa pada Selasa (23/2/2016) dan sekarang menuju ke Senat negara. RUU ini mengizinkan anak-anak berusia di bawah 14 tahun untuk menggunakan pistol, revolver atau amunisi asalkan di bawah pengawasan orangtua langsung.

Keputusan ini memicu perdebatan sengit di antara para dewan anggota Partai Republik dan Demokrat Iowa, tentang persamaan antara hak kepemilikan senjata dan keselamatan anak.

“RUU ini seolah tak masuk akal karena memungkinkan balita untuk mengoperasikan pistol, padahal kami tak membutuhkan milisi balita. Kami tidak ingin memiliki pistol yang ukurannya disesuaikan dengan tangan bocah berusia satu atau dua tahun,” kata perwakilan Demokrat, Kirstin Running Marquardt.

Asosiasi Senapan Nasional AS (NRA) mendukung keputusan ini, namun badan keamanan senjata Iowa menyatakan penyesalannya. Badan keamanan senjata khawatir akan banyaknya kasus anak-anak tak sengaja menembak orang tua atau instrukturnya.

“Saya pikir anak-anak tidak memiliki kesadaran penuh tentang bagaimana menggunakan senjata. Saya juga berpikir mereka belum cukup umur untuk memahami konsekuensi penggunaan senjata,” demikian menurut Jeremy Brigham selaku Direktur Eksekutif Keamanan Senjata Iowa. [yy/islampos]