27 Rabiul-Akhir 1443  |  Kamis 02 Desember 2021

basmalah.png

Amnesty International: Italia Lakukan Penyiksaan Terhadap Pengungsi

Amnesty International: Italia Lakukan Penyiksaan Terhadap Pengungsi


Fiqhislam.com - Lembaga Amnesty International dilaporkan telah mengatakan polisi Italia telah menggunakan langkah-langkah “penyiksaan” terhadap para pengungsi. Diduga penyiksaan ini dilakukan saat para pengungsi diminta sidik jari untuk mencoba untuk memasuki negara itu, PressTV melaporkan.

“Tekanan Uni Eropa pada Italia untuk bersikap keras terhadap pengungsi dan migran telah menyebabkan pengusiran yang melanggar hukum dan perlakuan buruk yang dalam beberapa kasus mungkin dapat disebut sebagai penyiksaan,” kata kelompok Amnesty International dalam laporan yang diterbitkan pada Kamis (3/11/2016).

Italia adalah salah satu negara yang menjadi target kedatangan para pengungsi ke Eropa untuk orang yang mencoba untuk melarikan diri dari konflik dan kemiskinan di negara-negara Afrika, terutama Libya.

Pada bulan September 2015, Uni Eropa meminta Italia dan Yunani, yang juga menerima sejumlah besar pengungsi, untuk mengidentifikasi dan mendapatkan sidik jari dari para pendatang yang kemudian mencoba untuk masuk ke negara-negara Eropa lainnya.

Sesuai dengan peraturan Uni Eropa, pengungsi berkewajiban untuk tinggal di negara tempat mereka pertama kali tiba, lokasi yang ditentukan saat mereka memberikan sidik jari.

Amnesty mengatakan bahwa dari total 170 pengungsi yang telah diwawancarai sejak tahun lalu, 24 mengklaim bahwa mereka diperlakukan dengan buruk. Bahkan sebagian pengungsi mengalami pelecehan seksual oleh polisi setelah mereka menolak untuk memberikan sidik jari. [yy/islampos]

Tags: pengungsi | migran