20 Jumadil-Akhir 1443  |  Minggu 23 Januari 2022

basmalah.png
BERITA INTERNASIONAL

Puluhan Ribuan Penentang Pernikahan Sesama Jenis Penuhi Jalanan Paris

Puluhan Ribuan Penentang Pernikahan Sesama Jenis Penuhi Jalanan Paris


Fiqhislam.com - Ribuan penentang pernikahan sesama jenis berpawai memenuhi jalanan di Paris, Prancis, Ahad (16/10) demi membela nilai keluarga seraya berharap masalah itu kembali dihidupkan menjelang debat politik emilihan presiden pada tahun depan.

Sekitar 24 ribu warga berunjuk rasa, kata polisi. Namun jumlah itu terbilang sedikit jika dibandingkan dengan ratusan ribu orang yang tergabung dalam gerakan Demo for All pada 2012 dan 2013. Unjuk rasa tersebut menunjukkan perlawanan keras kaum konservatif, khususnya Katolik Roma.

Pemerintahan sosialis Prancis mengesahkan pernikahan sesama jenis atau 'Perkawinan untuk Semua' pada 2013. Polisi mengatakan 13 orang ditahan karena bentrok dalam unjuk rasa itu, termasuk enam perempuan bertelanjang dada dari pegiat Femen.

Sebagian dari mereka mengusung tulisan di dadanya, 'Kebencian bukan nilai keluarga'. Unjuk rasa pada Ahad itu bertujuan menekan politikus sayap kanan, yang akan menhadapi pemilihan presiden pada bulan depan agar membahas kembali aturan pernikahan sesama jenis jika terpilih.

Pengunjuk rasa berpawai di sepanjang sisi barat Paris mengibarkan bendera Prancis dan spanduk bertuliskan 'Demo for All' berwarna biru dan merah muda. Pengunjuk rasa lain membawa papan bertuliskan 'Semua bersatu untuk Keluarga' dan 'Saya Memilih untuk Keluarga pada 2017'. [yy/republika]

 

Tags: lgbt | gay | lesbi