24 Rabiul-Akhir 1443  |  Senin 29 Nopember 2021

basmalah.png

Tegang, Rusia Diyakini Bakal Kirim Kapal Induk Dekati Inggris

Tegang, Rusia Diyakini Bakal Kirim Kapal Induk Dekati Inggris


Fiqhislam.com - Angkatan Laut Ingggris meyakini Rusia akan mengirim armada kapal induk mendekati wilayah Inggris akhir bulan ini setelah kedua negara bersitegang soal krisis Suriah. Inggris dan sekutu NATO-nya sedang menyusun rencana untuk mengawal hingga delapan kapal perang Rusia yang diyakini akan mendekati wilayah Inggris.

Angkatan Laut Inggris percaya Kremlin akan menggunakan pelayaran armada kapal induk sebagai kesempatan untuk menunjukkan kekuatan saat melintasi selat Inggris. Armada kapal induk Rusia juga diyakini akan menggelar latihan militer di kawasan lepas pantai Inggris dan Prancis.

Persiapan Angkatan Laut Inggris itu muncul setelah Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson berkomentar yang memanaskan ketegangan kedua negara. Johnson mengatakan bahwa dia ingin melihat demonstrasi di luar Kedutaan Rusia di London atas peran Moskow dalam konflik Suriah.

Kapal induk Rusia yang diprediksi akan mendekati wilayah Inggris adalah kapal Admiral Kuznetsov dengan berat 55.000 ton. Militer Inggris memprediksi kapal induk Rusia berserta rombongannya tersebut akan bermanuver “kucing-tikus” melintasi Atlantik Utara menuju Teluk Biscay dan kemudian ke Laut Mediterania.

Salah satu sumber Angkatan Laut NATO mengatakan kapal Rusia akan meninggalkan Severomorsk di dekat Murmansk dan bisa mendekati wilayah Inggris beberapa pekan lagi.

“Ini tidak mendapatkan kami terkejut, kami bekerja sampai apa yang harus dilakukan dan kami semua di atasnya. Hal yang paling mungkin adalah bahwa mereka akan pergi melalui Laut Utara, menyusuri Selat Dover dan melalui Selat (Inggris),” katanya.

”Mereka bahkan mungkin berhenti di lepas pantai North East,” ujar sumber Angkatan Laut NATO itu, seperti dikutip Telegraph, Sabtu (15/10/2016).

Kapal perang Angkatan Laut Inggris Type 23 fregat dan Type 45 sedang dipersiapkan untuk memantau armada kapal induk Rusia jika setiap saat muncul. Selain itu, pesawat mata-mata RAF Rivet Joint, C130 Hercules dan jet Typhoon juga akan siaga.

Tapi sumber mengatakan, dengan singkat Royal Navy kapal dan pelaut, kapal perang harus dialihkan dari misi lainnya untuk memenuhi kapal Rusia.

Militer Rusia memang pernah mengumumkan akan mengirim armada kapal induk Admiral Kuznetsov ke Laut Mediterania dan siaga di lepas pantai Suriah hingga lima bulan. Armada kapal induk itu akan memperkuat militer Rusia yang melakukan operasi di Suriah membantu pasukan rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad. Namun, Rusia tidak menyebut armada kapal induk itu akan melewati Selat Inggris. [yy/sindonews]

Tags: rusia | inggris | suriah | aleppo