26 Rabiul-Akhir 1443  |  Rabu 01 Desember 2021

basmalah.png

Temui Netanyahu, Obama Singgung Pendudukan Wilayah Palestina

Temui Netanyahu, Obama Singgung Pendudukan Wilayah Palestina


Fiqhislam.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menemui Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di New York. Presiden ke-44 AS itu menyinggung masalah pencaplokan wilayah oleh Israel di Tepi Barat.

“Sangat jelas terlihat adanya ancaman bahaya besar, tidak hanya terorisme, tetapi juga naiknya angka kekerasan. Kami jelas prihatin terkait aktivitas pendudukan,” ujar Obama kepada Netanyahu di sela-sela Sidang Tahunan Majelis Umum PBB, seperti dilaporkan Reuters, Kamis (22/9/2016).

Tak lupa, pria kelahiran Hawaii itu berharap Negeri Paman Sam dapat terus membantu tercapainya perdamaian antara Israel dengan Palestina. Obama juga menyebutkan paket bantuan militer kepada Israel yang baru disetujui.

“Situasi yang sangat sulit dan berbahaya di Timur Tengah saat ini. Kami ingin memastikan Israel memiliki semua kapabilitas yang dibutuhkan untuk menjaga warganya tetap aman,” sambung pria berusia 55 tahun itu.

Bibi –sapaan akrab Netanyahu- mengapresiasi pembicaraan dengan Obama mengenai tantangan yang dihadapi oleh Israel. “Tantangan terbesar adalah tentu saja fanatisme yang tiada henti. Kesempatan terbesar adalah mengedepankan perdamaian. Itu tujuan saya dan orang-orang Israel tidak akan pernah menyerah untuk perdamaian,” timpal Netanyahu.

“Kami sangat beruntung dalam melakukan dua tugas ini (mengamankan warga dan mencari perdamaian). Tidak ada teman Israel yang lebih baik daripada Amerika Serikat,” tutup politikus Partai Likud itu. [yy/republika]