2 Jumadil-Awal 1443  |  Senin 06 Desember 2021

basmalah.png

Klarifikasi Pernyataan Duterte, Menlu Filipina: Kami Akan Tetap di PBB

Klarifikasi Pernyataan Duterte, Menlu Filipina: Kami Akan Tetap di PBB


Fiqhislam.com - Menteri Luar Negeri Filipina  Perfecto Yasay menyatakan, Filipina akan tetap bersama dengan PBB. Pernyataan ini merupakan klarifikasi yang diutarakan oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterter.

Dalam konfrensi pers di Manila, Yasay mengatakan, pernyataan Duterte adalah bentuk ungkapan kecewa masyarakat Filipina terhadap PBB. Meski demikian, Yasay mengungkap negaranya masih akan tetap berada di dalam PBB.

"Pernyataan Duterte adalah sebuah pernyataan yang mengungkapkan kekecewaan dan frustrasi yang mendalam. Kami akan tetap bersama dengan PBB, walaupun kami merasa frustasi dengan lembaga internasional ini," ucap Yasay, seperti dilansir Reuters pada Senin (22/8).

Duterte sebelumnya mengancam, negaranya mungkin saja akan keluar dari PBB. Ancaman ini datang setelah PBB terus menerus melemparkan kritikan tajam terhadap kebijakan yang diambil pemerintah Filipina terkait upaya pemberantasan narkoba.

Selain itu, Duterte juga menyebut bahwa PBB adalah organisasi bodoh, yang tidak melakukan apapun. Dalam pandanganya, PBB lebih banyak berbicara dibanding bertindak.


Dia bahkan menyatakan Filipina bisa saja mengundang China, negara-negara Afrika dan negara-negara lain untuk membuat badan internasional saingan. Sebuah badan, yang menurut Duterte bisa menampilan tindakan nyata, buka retorika semata. [yy/sindonews]

 

Tags: duterte | filipina