23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Pemimpin ISIS di Afghanistan dan Pakistan Tewas dalam Serangan Drone AS

Pemimpin ISIS di Afghanistan dan Pakistan Tewas dalam Serangan Drone AS

 

Fiqhislam.com - Pemimpin kelompok ISIS cabang Afghanistan dan Pakistan dilaporkan tewas dalam serangan pesawat tak berawak (drone) Amerika Serkikat di Afghanistan.

Menurut Pentagon, Hafiz Saeed Khan dan letnan seniornya tewas dalam serangan drone AS di provinsi Nangarhar, Afghanistan pada 26 Juli lalu.

"Provinsi Nangarhar telah menjadi tempat subur bagi aktivitas ISIS sejak musim panas 2015," ujar pejabat Pentagon, Gordon Trowbridge dalam statemen seperti dilansir CBS News, Sabtu (13/8/2016).

"Kematian Khan mempengaruhi upaya-upaya perekrutan ISIS dan akan mengganggu operasinya di Afghanistan dan wilayah tersebut," imbuhnya.

Kematian Khan juga dikonfirmasi oleh Duta Besar Afghanistan untuk Pakistan, Omar Zakhilwal. Ini merupakan kedua kalinya Khan dilaporkan tewas. Sebelumnya pada tahun 2015, agen-agen intelijen Afghanistan mengklaim Khan telah tewas, namun klaim mereka tak pernah dibuktikan.

Sebelumnya pada Mei lalu, pemimpin Taliban Afghanistan Mullah Akhtar Mansour juga tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS di Pakistan. [yy/news.detik]