23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Erdogan pada AS: Pilih Turki atau Gulen

Erdogan pada AS: Pilih Turki atau Gulen

 

Fiqhislam.com - Presiden Turki Tayyip Erdogan meminta Amerika Serikat (AS) untuk segera menjatuhkan pilihan terkait dengan Fethullah Gulen. Erdogan menyebut AS harus memilih antara mempertahankan hubungan baik dengan Turki dengan mengekstradisi Gullen, atau sebaliknya.

Erdogan yang berbicara di hadapan ribuan pendukungnya di Ankara menyatakan,  dia yakin AS dalam waktu dekat akan menentukan pilihan. Tapi, dia belum mengetahui pilihan apa yang akan diambil AS.

"Cepat atau lambat, AS akan membuat pilihan, apakah itu Turki atau Gullen. Mereka juga akan memilih teroris putschist Feto atau Turki, negara demokratis. Mereka harus membuat pilihan," ucap Erdogan, seperti dilansir Press Tv pada Kamis (11/8).

Dia mengatakan, Turki telah mengirimkan 80 kotak berisi dokumen ke Washington untuk membuktikan dugaan peran Gulen dalam upaya kudeta yang gagal di Turki, yang terjadi pada pertengahan Juli lalu.

Washington sendiri sampai saat ini masih menolak untuk mengembalikan Gullen ke Turki, yang membuat Ankara kecewa. Alasannya, AS menilai bukti-bukti yang diberikan Turki belum cukup kuat bagi mereka mengekstradisi sosok pendiri kelompok Hizmet itu. [yy/sindonews]

Tags: erdogan | gulen