27 Rabiul-Akhir 1443  |  Kamis 02 Desember 2021

basmalah.png

Aliansi Arab Berhasil Kontrol 80% Wilayah Yaman

Aliansi Arab Berhasil Kontrol 80% Wilayah Yaman

 

Fiqhislam.com - Juru bicara Aliansi Regional Arab, Mayor Jenderal Ahmed Asiri, mengumumkan bahwa pasukan pemerintah dan aliansi telah berhasil merebut 80% wilayah Yaman yang sebelumnya di ambil alih oleh pemberontak Syiah Houthi dan sekutunya.

Pernyataan ini dilontarkan Mayjen Ahmed Asiri pada Minggu (07/08) malam, melaporkan perkembangan operasi militer di Yaman setelah 1,4 tahun sejak peluncuran pertama kali pada bulan Maret tahun 2015.

Dalam konteks terkait, Mayjen Ahmed Asiri menekankan bahwa Aliansi Arab tidak keberatan terhadap laporan hasil investigasi organisasi kemanusiaan internasional mengenai pelanggaran perang dan HAM di Yaman, dan akan menjadikannya bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja pasukan aliansi.

“Alianis akan menerima hasil laporan yang dikeluarkan tim pengamat internasional mengenai pelanggaran HAM di Yaman. Kami akan terus berkomunikasi dengan mereka untuk mempelajari pelanggaran apa dan berkerjasama meningkatkan kinerja pasukan aliansi,” ujar Mayjen Ahmed Asiri di saluran televisi Saudi.

Mayjen Asiri berkomitmen akan berkerjasama dengan Komite internasional untuk mengklarifikasi fakta dan laporan mengenai pelanggaran kemanusiaan selama menggelar operasi militer di Yaman.

Laporan terbaru Organisasi Kesehatan Dunia “WHO” menyebutkan bahwa hingga akhir Juli 2016, perang di Yaman telah menyebabkan sedikitnya 6.600 warga sipil tewas dan melukai lebih dari 32 ribu lainnya. [yy/eramuslim]