24 Rabiul-Akhir 1443  |  Senin 29 Nopember 2021

basmalah.png

Rusia Ikut Panasi Laut China Selatan?

Rusia Ikut Panasi Laut China Selatan?

Fiqhislam.com - Kementerian Pertahanan Cina mengatakan, Cina dan Rusia akan latihan militer bersama di Laut Cina Selatan. Rencananya, latihan militer akan digelar pada September.

Latihan ini ditengarai akan mendorong ketegangan kembali di Laut Cina Selatan yang menjadi sengketa sejumlah negara.  Filipina yang belum lama ini menang di pengadilan terkait konflik Laut Cina Selatan dengan Cina, juga berulangkali menggandeng Amerika Serikat berlatih di kawasan itu.

AS pun kerap bersitegang dengan Cina seputar klaim wilayah tersebut. Sementara Beijing menuding Washington melakukan intervensi di kawasan.  "Negara Barat memiliki sejarah panjang kegagalan dalam penegakan hukum di dunia, sebut saja Timur Tengah," tulis kantor berita Cina Xinhua.  

Tahun lalu, 22 kapal. 20 pesawat tempur, 40 kendaraan bersenjata, serta 500 marinir Rusia dan Cina ikut dalam latihan bersama di Laut Jepang.

"Latihan ini tidak menargetkan perlawanan terhadap negara tertentu. Tujuan dari latihan ini adalah mendorong respons cepat dengan tetangga dekat kita terhadap ancaman," ujar Wakil Komandan Rusia Sergey Vertepa kepada RT pada Agustus 2015. [yy/republika]

Tags: laut china